berita terkiniMobilModa

MINI Klasik Bertenaga Listrik Pertama Kalinya Diproduksi

Motionupdate.com, INGGRIS – Mendahului proyek elektrifikasi yang sudah dicanangkan MINI di lini produknya, Swind mengambil langkah cepat. Membuat MINI klasik bertenaga listrik.

Setelah pertama kali mobil MINI tersebut turun ke jalan 60 tahun silam. “Ini adalah pertama kalinya MINI klasik berlistrik memasuki produksi,” kata Managing Director Swind Powertrain, Raphael Caillé.

Sebelumnya ada satu kali model prototipe, “tetapi Swind adalah perusahaan pertama yang meluncurkan mobil seperti itu kepada publik. MINI klasik memiliki tempat istimewa di hati orang, bukan hanya di Inggris tetapi seluruh dunia,” terangnya.

Perusahaan asal Inggris itu menyebutnya Swind E Classic MINI yang hanya dibuat terbatas. Sebagai mobil ikonik ditambah pemanfaatan powertrain listrik, Swind membanderolnya hingga Rp 1,4 miliar.

Swind E Classic MINI sendiri dibangun di atas bodi MINI asli, yang sebelumnya telah dipulihkan, dan ditambahkan motor listrik dengan kekuatan baterai 24kWh.

Sehingga membuat bobot kendaraan ini bertambah 80 kg. Namun demikian, Swind E Classic MINI ini tetap mampu menghasilkan tenaga sebesar 108 Hp.

Mobil ini mampu melesat hingga kecepatan 100 kpj, dalam waktu 9,2 detik. Sebelum mendapatkan kecepatan puncak 130 kpj, serta mampu dikendarai sejauh 200 km, jika baterai terisi penuh.

Sayangnya, Swind E Classic MINI hanya akan dibangun sebanyak 100 unit, yang masing-masing memiliki jarak tempuh berbeda. So, buruan deh ‘kejar’, kalau ingin memilikinya.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close