berita terkiniKeretaModa

Proyek Pembangunan LRT Jabodebek Sudah 58 Persen

Motionupdate.com, PALMERAH – Pembangunan LRT Jabodebek oleh PT Adhi Karya, perusahaan kontraktor pembangunan LRT Jabodebek, disebutkan sudah mencapai 58 persen.

Direktur Operasi PT Adhi Karya (Persero) Pundjung Setya Brata, menyebutkan, pembangunan paling signifikan terdapat pada koridor Cawang-Cibubur yang sudah mencapai 78 persen.

Pembangunan di jalur LRT Jabodebek Cawang-Cibubur paling cepat pengerjaannya, karena pada koridor tersebut tidak terhalang oleh adanya pembebasan lahan.

“Cibubur-Cawang sudah 78,45 persen. Ini paling cepet, karena tak ada pembebasan lahan,” kata Pundjung yang disampaikan Zulfikri di acara FGD ‘Pembangunan LRT untuk siapa? Rabu (12/2/2019).

Sedangkan koridor lainnya, yakni Cawang-Dukuh Atas baru mencapai sekitar 40 persen. Hal ini sempat terhalang lantaran terkendala penentuan lokasi stasiun.

Setelah ditentukan tempatnya, pembangunan juga masih belum bisa dilakukan karena pembebasan lahan. “Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, karena kemarin masalah stasiunnya dua posisi, Sekarang sudah ditentukan, tapi butuh pembebasan lahan lagi,” paparnya.

Sementara koridor Cawang-Bekasi baru mencapai 25 persen karena terhalang pembangunan depo di Bekasi Timur. “Cawang Bekasi Timuri ada perlu butuh 12 hektar untuk depo, baru 52 persen karena depo belum selesai, depo baru selesai 2020,” ungkap Pundjung.

Rencananya LRT Jabodebek akan beroperasi pada April tahun 2021. Adapun pertengaan tahun ini, sekitar Juni 2019 akan diterapkan uji coba dengan satu unit kereta yang diproduksi PT INKA.

“Kita siap menerima kereta LRT Jabodebek Juni tahun ini, satu kereta masuk di tes untuk memastikan semua aman, tapi operasinya tetap di 2021,” ujar Pundjung.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close