berita terkiniKeretaModa

Menhub RI Dukung Pengembangan TOD di Koridor MRT Jakarta

Motionupdate.com, JAKARTA – Menjelang beroperasinya moda transportasi baru di Jakarta, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan TOD di koridor MRT Jakarta.

“MRT Jakarta ini akan mengangkut jumlah penumpang yang banyak. Tetapi memang kita harus persiapkan dengan baik terutama pengumpan (feeder) dari beberapa titik agar kapasitasnya bisa optimal, salah satunya dengan fungsi transit oriented development atau kawasan berorientasi transit,” ujarnya.

“TOD harus kita tingkatkan karena itu adalah fungsi pepindahan penumpang dari stasiun MRT ke moda lain. Di area perpindahan penumpang tersebut, dimungkinkan kita mendapatkan pendapatan keuntungan (revenue) baik itu dari toko atau tempat istirahat,” jelas ia.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi mengatakan,  “Kita sebagai orang Indonesia harus bangga bahwa karyawan MRT Jakarta 100 persen putri putri Indonesia dan 80 persen di antaranya berusia milenial. Cita-cita kami adalah menjadi operator kelas dunia, oleh karena itu rekrutmen kami sangat ketat.”

Addie MS, konduktor dan komposer musik di Indonesia ikut menyampaikan pendapatnya, “Meskipun saya seniman, buat saya fungsi sebenarnya yang saya pikirkan, karena negara manapun, masalah kemacetan tidak mungkin teratasi hanya dengan nambah jalan atau jalan layang (flyover). Satu-satunya solusi adalah mass rapid transit (MRT). Saya kagum.”

Terkait rencana integrasi dengan sistem pengumpan, “MRT Jakarta sudah berkolaborasi dengan BRT Transjakarta yang akan menyediakan kendaraan-kendaraan kecil dari jalur-jalur menuju stasiun MRT Jakarta. Kita juga akan kerja sama untuk penyediaan park and ride,” ujar Effendi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close