berita terkiniKeretaModa

Idealnya Tarif LRT Jabodebek Hanya Rp 10.000

Motionupdate.com, JAKARTA – Bicara Light Rail Transit ( LRT), pengamat transportasi Dharmaningtyas menilai kalau tarif ideal untuk LRT Jabodebek sebesar Rp 10.000.

Tarif LRT Jabodebek sendiri saat ini dipatok Rp 12.000. “Saya lebih condong tarifnya (LRT Jabodebek) Rp 10.000 dengan konsekuensi subsidi bertambah,” ujar Dharmaningtyas di Jakarta, beberapa waktu lalu (15/02).

Ia menilai tarif Rp 10.000 bisa lebih menarik masyarakat, yang tadinya selalu menggunakan kendaraan pribadi, dapat berpindah menggunakan LRT Jabodebek.

Kendati begitu, ia mengakui beban subsidi yang dikeluarkan pemerintah akan bertambah dengan tarif Rp10.000. “(Penambahan subsidi) lebih baik, daripada kendaraan bermotor memadati kota Jakarta, kerugiannya jauh lebih besar,” katanya.

Selain itu, dia juga mengusulkan nantinya tiket LRT Jabodebek terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti MRT, Transjakarta dan KRL Jabodetabek.

“Sebaiknya beberapa waktu ke depan, bisa dilakukan satu sistem pembayaran. Mungkin bayar Rp 15.000 bisa naik LRT, MRT, Transjakarta dan KRL,” ucap Dharmaningtyas.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close