berita terkiniKeretaModa

Harusnya Palembang Beruntung Punya LRT, Kenapa Begitu?

Motionupdate.com, JAKARTA – Dunia transportasi Indonesia kiranya semakin ‘meriah’, asal jangan menjadi ‘riweh’. Pasalnya, dalam waktu dekat akan ada tiga Light Rail Transit (LRT) yang beroperasi di Indonesia.

Yang pertama adalah LRT Palembang. Dan LRT yang dikabarkan sempat mogok ini, sudah beroperasi sejak 2018 lalu. Dua lainnya adalah LRT Jabodebek dan LRT Jakarta.

Menyikapi hal ini, Zulfikri, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan pembangunan LRT ini memang ditargetkan dibangun di kota-kota besar, terutama untuk menghindari kemacetan.

“Kita sepakat, untuk di kota besar perlu angkutan massal dan angkutan massal punya keunggulan dibanding kendaraan pribadi di kota besar,” papar Zulfikri di acara FGD ‘Pembangunan LRT untuk Siapa?’, di Gedung Kompas, Jakarta, Rabu (12/2/2019).

Adapun klasifikasi kota yang akan dibangun LRT, di antaranya kota yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa. Palembang misalnya, pembangunan LRT di sana karena Kota Pempek itu memiliki 1,5 juta orang penduduk.

“Palembang dengan 1,5 juta beruntung, mereka sudah punya angkutan massal yang canggih. Padahal Surabaya, Bandung saja belum punya,” tutur Zulfikri.

Beberapa kota lain yang mungkin saja dibangun LRT karena kepadatan penduduknya, di antaranya Medan, beberapa kota di Jawa bahkan Kota Makassar di Sulawesi Selatan.

Sayangnya, tak semua kota bisa langsung dibangun LRT karena kendala biaya. “Di Sumatera ada Medan, di Jawa hampir semua kabupaten sudah di atas 1 juta, di Makassar lebih dari satu juta. Tapi kemampuan fiskalnya tak memungkinkan,” pungkasnya.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close