berita terkiniModaNiaga

Harga Tiket Pesawat Melonjak, Bus AKAP di Padang Banjir Penumpang

Motionupdate.com, PADANG – Fenomena melambungnya harga tiket penerbangan belakangan ini, salah satunya rute penerbangan dari Padang, Sumatera Barat (Sumbar), membuat layanan bus Antar Kota Antar Propinsi diserbu penumpang.

Menurut Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumbar, Budi Syukur, kenaikan volume penumpang menggunakan bus AKAP dari Padang menuju Jakarta naik 400 persen.

“Belakangan ini orang lebih mengejar naik bus. Peningkatan jumlah penumpang bus AKAP naik 400 persen dari biasanya. Naik bus lebih murah,” kata Budi Syukur, seperti ditulis Tribunpadang.com, Jumat (8/2/2019).

Tren kenaikan jumlah penumpang bus AKAP tujuan Jakarta memang terasa sejak dua bulan terakhir. Menurut Budi, sebelumnya sebuah perusahaan otobus dalam sehari hanya memberangkatkan satu unit armada, sekarang bisa 4-5 bus.

Mengenai kargo atau ekspedisi barang, Budi Syukur mengatakan rata-rata pengiriman dari Jakarta menuju Padang masih dominan menggunakan jalur darat.

Terkait hal itu, harga tiket penerbangan yang melejit dikeluhkan Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumbar, Ian Hanafiah. Organisasinya telah menyampaikan dampak ini ke pemerintah dan maskapai.

“Kita memang bukan pengambil keputusan, tetapi paling tidak kita telah berusaha menyampaikan kepada pusat, dan kita juga sudah menghubungi pihak airlines,” katanya.

Dampak melambungnya harga tiket penerbangan itu terlihat dari airport yang sepi, bisnis sewa kendaraan lesu, hingga usaha kecil menengah seperti oleh-oleh khas Sumbar dan hotel-hotel tampak sepi.

“Harga tiket pesawat yang tinggi ini tak hanya berdampak pada pariwisata Sumbar, tapi juga perekonomian,” lanjutnya. Menurut Ian dengan mahalnya harga tiket pesawat domestik, banyak wisatawan domestik lebih memilih liburan ke luar negeri.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close