berita terkiniModaPesawat

Maret 2019 Lanud Way Kanan Mulai Layani Penerbangan Komersil

Motionupdate.com, PALEMBANG – Lapangan Udara (Lanud) TNI AD Gatot Subroto di Kecamatan Waytuba, Way Kanan, Lampung, akan beroperasi melayani penerbangan komersial akhir Maret 2019. Proses perbaikannya dilakukan 1 Maret mendatang.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Nelson Firdaus di Palembang, beberapa waktu lalu (22/1). Nelson menyebut pengelola bandara perlu memperbaiki sejumlah infrastruktur.

Di antaranya, bagian Runway, apron, dan terminal penumpang. Hal itu dilakukan guna mengejar target yang ditentukan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Tanda tangan kontrak pengerjaan perbaikan ditargetkan berlangsung 1 Maret 2019 mendatang, agar pekan ketiga Maret penerbangan komersil sudah bisa beroperasi.

Nelson mengatakan pembukaan penerbangan komersial di Lanud Way Kanan atau Lanud AD Gatot Subroto kiranya akan memberi dampak positif bagi Sumatera Selatan (Sumsel).

Karena menurutnya, Lanud tersebut berjarak sangat dekat dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, dan OKU Selatan yang berbatasan langsung dengan Way Kanan.

“Pemerintah Provinsi Sumsel sangat mendukung dan akan diuntungkan jika Lanud AD ini dibuka untuk penerbangan umum. Mengingat letaknya cukup dekat dengan Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan,” katanya.

Dalam paparan yang melibatkan Kementerian Perhubungan, Bupati Way Kanan, dan para petinggi Mabes TNI Angkatan Darat, disampaikan percepatan dan tindak lanjut penggunan Lanud Way Kanan melayani penerbangan komersial (22/1).

Sementara Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menegaskan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat sejak dari awal berupaya mengusulkan keberadaan Lanud AD Gatot Subroto dapat melayani penerbangan komersil.

Alasannya, karena sejumlah kabupaten sekitar juga membutuhkan keberadaan penerbangan tersebut. Seperti Kabupaten Way Kanan, Kabupaten OKU, OKU Timur, OKU Selatan dan sejumlah kabupaten terdekat lain di Sumsel dan Lampung.

“Karena kantor yang ada sekarang akan digunakan sebagai kantor layanan penerbangan, maka kami akan bangun kantor baru sebagai kantor Danlanud. Termasuk kami buatkan juga jalan akses, dan pembebasan lahan, demi pengembangan bandara ini ke depannya,” ujar Surya.

Foto : Ilustrasi/Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close