berita terkiniModaPesawat

Tidak Hanya di Indonesia, Aturan Tarif Bagasi Pesawat Berlaku Juga di Negara Lain

Motionupdate.com, JAKARTA – Sobat Motion! Tidak hanya di Indonesia, aturan tarif bagasi pesawat juga berlaku di beberapa negara. Seperti apa?

Menurut Kasubdit Sistem Informasi dan Pelayanan Angkutan Udara, Kemenhub Putu Eka Cahyadi mengatakan bahwa penerapan tarif bagasi terdapat pada maskapai pesawat bertarif rendah atau low cost carrier (LCC). Dimana penumpang yang membawa bagasi harus membayar tarif tambahan.

Sebagai contoh maskapai yang menerapkan tarif bagasi pesawat tersebut berada di negara Inggris, Filipina, Finlandia hingga China.

“Tidak hanya ada di negara kita (penerapan tarif bagasi), banyak sekali maskapai LCC yang sesuai dengan regulasi tadi dapat dikenakan biaya. Misalnya,Finlandia, Inggris, Filipina, China banyak sekali maskapai-maskapai Australia, Jetstar tidak memberikan bagasi cuma-cuma,” jelas Eka.

“Jadi kalau hanya penumpang, membawa diri kita itu saja masuknya ke biaya ekonomi tapi kalau ada tambahan bagasi kena biaya,” lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tengah mengkaji aturan tarif bagasi pesawat. Rencananya, pihaknya akan menyelesaikan dalam waktu tiga minggu.

“Angkutan barang yang di airline kita akan membuat PM (peraturan menteri)-nya, tiga minggu akan kita selesaikan. Itu adalah pembatasan-pembatasan yang mengakomodir memikirkan masyarakat itu tidak berat,” jelas Budi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close