berita terkiniKeretaModa

Coradia iLint, Kereta Api Hidrogen Pertama di Dunia

Motionupdate.com, JERMAN – Sejak zaman Perang Dunia II, Jerman sudah unggul dalam hal teknologi. Belakangan ini kiranya Jerman semakin melesat ke depan, dengan membuat Kereta Api (KA) pertama di dunia yang memakai tenaga Hidrogen.

Sebuah angkutan massal yang dioperasikan di negara tersebut. Menjadi KA yang terbukti ramah lingkungan, hemat energi, dan tidak membuat polusi kebisingan maksimal.

Kereta tersebut diberi nama ‘Coradia iLint’, ia hanya melepaskan kelebihan uap air ke atmosfer, dan kehadirannya menjadi kereta dengan energi bersih satu satunya di antara 4.000 Kereta Diesel yang sudah dijalankan sejak masa lalu.

Kereta iLint pertama kali diperkenalkan di InnoTrans Berlin Trade Show, dan sudah disiapkan untuk menjadi kereta bertenaga Hidrogen pertama yang menjadi tulang punggung transportasi massal.

Kereta iLint didukung Baterai Lithium Ion besar, mendapatkan energi dari tangki bahan bakar Hidrogen di atap kereta. Kereta Hydrail ini dapat melakukan perjalanan hampir 800 km/hari, dengan kecepatan hingga 130 km/ jam.

Bisa berlari dengan ekses suara kebisingan sangat rendah. Satu-satunya sumber kebisingan suara hanya berasal dari gerakan rodanya saja di atas rel yang dilalui.

“Alstom dengan bangga meluncurkan sebuah inovasi terobosan di bidang transportasi bersih,” kata CEO Alstom Henri Poupart-Lafarge, dalam sebuah pernyataan.

Perlu diketahui, Alstom adalah pabrikan yang membuat KA khusus ini. Kereta ini juga sudah ditaksir negara Belanda, Denmark dan Norwegia.

“Ini menunjukkan kemampuan kita, untuk bekerja dalam kerjasama yang erat dengan pelanggan, dan mengembangkan kereta hanya dalam dua tahun,” ucap Henri.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close