berita terkiniModaMotor

Luncurkan PCX Electric Bikin AHM Rambah Bisnis Baru, Rental Motor Listrik!

Motionupdate.com, JAKARTA – Entah apa maksud dari PT Astra Honda Motor (AHM) dengan memperkenalkan motor Honda PCX listrik pertama di Indonesia, Kamis (31/1).

Padahal beberapa waktu lalu, AHM baru saja memperkenalkan PCX Hybrid ke kalangan luas. Belum lagi bicara Honda PCX Non Electric dan Non Hybrid-nya, yang sepertinya masih belum terpasarkan optimal.

Memang Honda PCX Electric sempat dipamerkan di booth Honda Motor, saat berlangsung gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS), awal November 2018. Namun, apakah konsumen sudah siap menerimanya?

Dalam peluncurannya, AHM dengan lugas mengatakan skutik premium dengan penggerak sepenuhnya adalah listrik ini diproduksi secara lokal, di pabrik perakitan Sunter, Jakarta Utara. Nah lho!

Tapi ternyata AHM memiliki strategi Out of The Box untuk si motor listrik ini. Dimana untuk tahap awal, AHM menjalankan skema bisnis menyewakan Honda PCX Electric kepada perusahaan-perusahaan, demi mendukung operasional bisnis di berbagai lini.

Bahkan dengan gamblang, AHM akan menggandeng pihak ketiga untuk melayani jasa penyewaan ke berbagai perusahaan. Kegiatan penyewaan ini akan dimulai AHM pada kuartal pertama 2019, terutama di sejumlah kota besar Indonesia.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan, Honda PCX Electric merupakan salah satu perwujudan roadmap hadirkan teknologi motor. Sesuai tren kendaraan saat ini, sekaligus hadirkan alternatif moda transportasi berteknologi listrik.

“Di samping motor berbasis bahan bakar, kami ingin wujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric model pertama kami, untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan, sejalan arah perkembangan industri yang dicanangkan pemerintah, Honda PCX Electric menjadi tonggak pertama pengembangan produk motor listrik.

”Kami bukan hanya menawarkan produk motor listrik. Melainkan juga menyiapkan secara bertahap mulai infrastruktur, layanan, sumber daya manusia dan skema bisnis tersendiri, mengantarkan kelahiran Honda PCX Electric ini,” jelasnya.

Selain itu, Loman pun menegaskan, pihaknya akan terus mempelajari dan menyesuaikan secara bertahap, perkembangan motor listrik ini ke depannya.

Sekilas perlu diketahui, Honda PCX Electric dikembangkan dari Honda PCX generasi sebelumnya. Dimana tenaga dari mesin bakar diganti dengan sumber tenaga listrik, yang menurut AHM dikembangkan lebih kompak.

Dua unit Honda Mobile Power Pack, baterai Portabel yang mampu menjalankan PCX Electric sejauh kurang lebih 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).

Baterai Portabel ini bisa diisi ulang lewat dua mekanisme. Off-Board Charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/Swap System), atau On-Board Charging, pakai konektor yang bisa disambung ke listrik gedung atau perumahan.

Oiya sob, ternyata AHM tak main-main lho untuk urusan si PCX listrik ini! Pasalnya mereka juga sudah siapkan berbagai fasilitas dan sarana pendukung bisnis motor listrik mereka.

Antara lain jaringan servis Honda PCX Electric, serta kebutuhan penggantian baterai. Kondisi darurat, Contact Center 7×24 jam, Emergency Road Assistance (Honda Care), dan servis kunjung siap melayani. Pertanyaannya, lantas bagaimana nasib motor Honda, khususnya PCX berbahan bakar dan PCX Hybrid selanjutnya? Entahlah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close