berita terkiniEventMotor

Perpaduan Teknologi dan Tradisi di Yamaha CustoMAXI Bali

Motionupdate.com, BALI – Bali memang unik dan mendunia, terlebih ditinjau dari sisi pariwisatanya. Namun biar begitu, Bali tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya.

Mempertahankan kearifan lokal dan nilai budaya, juga terlihat dari cara masyarakatnya menumpahkan kreatifitas. Salah satunya di lingkup modifikasi motor, yang mengangkat perpaduan kemajuan teknologi dan nilai tradisi khas Bali.

Dari perhelatan kontes modifikasi CustoMAXI Yamaha, Sabtu (26/1/2019) di Man Shed, Sanur, para jawaranya menuangkan konsep perpaduan teknologi dan nilai-nilai tradisi.

Tema tersebut kiranya juga sanggup memikat hati para pengunjung yang menyaksikan event tersebut. Untuk lebih mengenal hasil modifikasi para pemenang CustoMAXI Bali, masing-masing pemenang pun memberikan komentarnya.

Seperti dikatakan Robert Elim, pemenang kategori Master Class XMax, ia memilih warna merah striping silver untuk modifikasi XMax berkonsep Techno yang dilengkapi dengan part menggunakan teknologi.

“Misalnya menyalakan motor menggunakan handphone android dan sidik jari. Dengan sidik jari, untuk mendeteksi ada suara dengan kalimat-kalimat sebagai penanda hasil deteksi,” tukasnya.

Motor Robert menggunakan shockbreaker air suspension depan belakang, headlamp dan stoplamp LED custom. Sistem pengecatan glitter, foil dan airbrush.

“Pada dasarnya saya memang suka Yamaha XMax, karena nyaman dikendarai. Saya pernah touring naik XMax dan juga seringkali kopi darat (kopdar) bareng teman-teman. Oiya, motor ini juga mudah dimodifikasinya,” jelas Robert.

Selanjutnya, pemenang kategori Master Class NMax yang diraih Norma Anggraeni. Menurutnya NMax-nya menonjolkan sisi warna yang unik, biru keabu-abuan.

Joknya juga dibuat berbeda dengan sistem motorized, bisa dibuka menggunakan remote. “Body custom kit dan rapi, karena memakai bahan fiber,” tandas Norma.

Diakui Norma, ia membeli Yamaha NMax untuk dimodifikasi dan juga bisa dipakai harian. Norma yang pernah touring ke Malang dengan NMax-nya ini pun merasa bangga mengendarainya. “Rasanya nyaman dan bensin irit,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Gamma, pengguna keluarga MAXI Yamaha, sebagai pemenang kategori Master Class Aerox 155 di Yamaha CustoMAXI.

”Sesuai karakter Aerox, untuk CustoMAXI ini temanya racing look. Karena kompetisinya ketat, teknologi dan harmonisasi modifikasinya harus benar-benar diperhatikan,” ungkap Gamma.

ia pun lantas memodifikasi jok Aerox-nya dengan motorized. Motornya pun bisa jalan sendiri menggunakan remote control, plus roda pembantu untuk keseimbangan.

Mengedepankan warna motor beragam, yakni biru dan putih, diperkuat warna merah dan jingga. Membuat Aerox-nya tampak semakin menonjol. “Saya suka Aerox, desainnya sporty, tampak gagah mengendarainya dan beda dengan yang lain,” ucapnya.

Tentunya tak ketinggalan, pemenang di kategori Rising Star, Yamaha Lexi, Novian Wijaya. Tema modifikasi Lexi-nya mengusung konsep ukiran tradisional Bali.

Novian beralasan, ingin mengembangkannya untuk motor matik, karena belum biasa digunakan buat motor tipe itu. Warnanya menggunakan campuran ungu, biru dan kuning supaya terlihat semakin ‘Sexy’.

“Jadi kalau kena cahaya warnanya lebih terlihat. Jok juga saya buat ada lekukan, sesuai tema ukiran dan warnanya juga campur,” terang Novian yang membiarkan Lexi-nya ini dipakai oleh sang istri.

Dikatakan Novian pemilihan warna modifikasinya ini merupakan pilihan anaknya. “Yang pasti Yamaha Lexi ini merupakan motor yang nyaman. Deknya lega dan ada colokan charger handphone-nya,” sergahnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close