berita terkiniUlasan

Jangan Tunggu Rusak, Rawatlah AC Mobil Secara Berkala

Motionupdate.com, JAKARTA – Air Conditioner (AC) mobil merupakan salah satu alat penambah kenyamanan, ketika berada di dalam kabin. Terutama bila pemiliknya lebih banyak menggunakan mobil dalam keseharian.

Agar AC mobil tetap dingin dan berfungsi normal, komponen AC mobil ini ternyata wajib mendapatkan perawatan rutin (berkala) seperti mesin mobil misalnya.

Joko Pratikno, Technical Service Department PT Denso Sales Indonesia mengatakan, banyak yang belum mengetahui jika AC mobil perlu perawatan secara berkala.

Pria yang akrab disapa Joko ini menambahkan, contohnya perawatan berkala AC mobil khas Denso meliputi fresh service, light service, dan heavy service.

Pada perawatan fresh service, ungkap Joko, dilakukan dengan mengganti filter AC kabin dan pembersihan pada blower. Proses ini dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 kilometer.

Selanjutnya, perawatan berikutnya adalah light service yang meliputi perawatan fresh service ditambah penggantian dryer, oli kompresor dan refrigerant.

Pekerjaan ini akan diulang lagi pada 20.000 kilometer berikutnya atau tiap setahun sekali. Perawatan light service ini juga kiranya
juga berguna untuk memeriksa kondisi kompresor AC mobil agar tetap bekerja dengan optimal.

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah heavy service, dilakukan setiap kelipatan 40.000 kilometer atau tiap 2 tahun sekali. Servis ini sama seperti servis besar pada mesin mobil.

Pekerjaannya sudah termasuk fresh service, light service, dan termasuk ada penggantian expansi depan dan belakang, serta pembersihan evaporator.

Sementara itu, Santo, Product Manager CoolKars mengatakan, di bengkel resmi Denso AC Mobil CoolKars, Gading Serpong, biaya perawatan AC mobil terbilang murah. Dibanding repair ketika AC mobil terlanjur rusak atau tidak dingin.

Untuk paket fresh service sekitar Rp 165.000, light service Rp 710.000 ribu, dan Rp 1.265.000. Santo menambahkan, sebaiknya perlu ada kesadaran melakukan perawatan AC mobil secara berkala.

“Umumnya konsumen datang ke bengkel jika AC mobil sudah tak dingin. Kalau begini, biasanya biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Beda hal kalau perawatan AC secara berkala, biaya perawatan dan penggantian terprediksi,” tandas Santo.

Foto : Ilustrasi / Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close