berita terkiniUlasan

Wih, Kalimantan Bakal Punya di Atas Laut Bernilai Rp 10 Triliun

Motionupdate.com, JAKARTA – PT Waskita karya (Persero) tengah bekerja untuk membangun tol atas laut di Kalimantan yang berlokasi di teluk Balikpapan. Nantinya, tol atas laut tersebut akan menghubungkan Balikpapan dan Penajam.

Demi suksesnya pekerjaannya, Waskita sudah menginformasikan proyek tersebut kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Utama PT Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra mengatakan berdasarkan rencana, tol atas laut tersebut akan dibangun sepanjang 6 km di atas laut Kalimantan.

“Kira-kira penjangnya sekitar 5-6 km,” jelasnya.

Sambil menunggu penunjukan dari Kementerian PUPR sebagai BUJT yang menggarap proyek tersebut, pihak Waskita beranggapan bahwa proyek ini membutuhkan perencanaan yang sangat matang.

“Karena itu jembatan besar seperti Suramadu, itu metodenya nggak boleh main main, di bawahnya kapal juga harus masih bisa lewat,” kata I Gusti Ngurah Putra.

Soal biaya, proyek tol atas laut Kalimantan ini diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp 10 Triliun.

I Gusti Ngurah Putra menjelaskan, tahap pra feasibility study (pra studi kelayakan) sudah dilakukan. Saat ini pihaknya sedang menunggu proses berikutnya di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

“(Pra feasibility study) sudah. Lagi urus DPU (Dinas Pekerjaan Umum), mungkin sebentar lagi pengadaan dari dari BPJT,” sebutnya.

“Berdasarkan hitung-hitungan sementara, pembangunannya tol atas laut di Kalimantan bakal menelan biaya Rp 10 triliun lebih,” tambanhnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close