berita terkiniKeretaModa

Antisipasi Musim Hujan, PT KAI Daop 5 Lakukan Hal ini

Motionupdate.com, JAKARTA – Memasuki musim penghujan, PT Kai Daop 5 bersiap siaga dan memantau terus daerah-daerah rawan bencana alam. Apalagi beberapa hari ini kondisi  cuaca cukup sering turun hujan disertai angin.

“memasuki musim penghujan ini, untuk keamanan dan keselamatan serta kenyamanan perjalanan KA, PT KAI Daop 5 Purwokerto melakukan pemantauan ekstra disepanjang jalur KA ,” demikian disampikan Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto.

Di wilayah Daop 5 Purwokerto, mendeteksi ada beberapa titik rawan banjir / longsor, karena kondisi daerah yang sebagian berbukit dan banyaknya sungai disepanjang jalur KA.

PT KAI  Daop 5 Purwokerto terus melakukan pemantauan dan pengecekan rutin terhadap daerah-daerah rawan tersebut. Dengan mengintensifkan petugas pemeriksa jalur KA, serta menempatkan petugas pemantau.

“PT KAI Daop 5 sudah mengantisipasi dengan melakukan pengecekan dan pembersihan saluran air, tebing, serta pemantauan aliran-aliran sungai yang dilewati jalur KA,” ungkap Supriyanto.

Selain itu, PT KAI Daop  5 juga tetap menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS). AMUS ini berisi antara lain berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi H Beam (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya. AMUS ditempatkan di 20 lokasi yang telah ditentukan, dan mudah terjangkau, beserta Tim flying gank (unit reaksi cepat).

KA-KA yang melintas di wilayah Daop 5 ada 114 perjalanan, terdiri dari KA pemberangkatan / berakhir di Daop 5 Purwokerto ada 26 KA, sedangkan KA dari Daop lain sebanyak 54 KA. Dan perjalanan KA barang sebanyak 34 KA.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close