berita terkiniUlasan

Ya Ampun, Michelin Mengakuisisi Produsen Ban Corsa dan Achilles!

Motionupdate.com, JAKARTA – Informasi mengejutkan datang dari ranah si karet bundar. Dikabarkan, ban merek Michelin mengakuisisi PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA), yang juga salah satu pemain ban di Indonesia.

Akuisisi ini membuat Michelin memperoleh kapasitas produksi lebih dari 180.000 Ton, dan memperkuat kehadirannya di pasar Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang.

Michelin pun mengumumkan telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 80% PT MASA, dengan kapasitas produksi 11 juta ban mobil penumpang, 9 juta ban roda dua dan 250 ribu ban truk.

Berdasarkan data yang diperoleh Michelin, Multistrada menghasilkan penjualan bersih sebesar USD 281 juta pada tahun 2017. Dengan transaksi ini, Michelin akan memanfaatkan keahlian teknis Multistrada dengan investasi baru yang terbatas.

Bertahap, Michelin akan mengubah produksi. Dari ban mobil penumpang Tier 3, ke merek Tier 2 Michelin Group. Memungkinkan lebih banyak produksi Tier 1 di pabrik Asia lain, dan mendukung pertumbuhan permintaan volume Tier 2 di Eropa, Korea Utara, Amerika dan Asia.

Selain itu, melalui transaksi ini Michelin akan mengakuisisi 20% saham di pengecer PT Penta Artha Impressi (Penta) dalam kemitraan dengan Indomobil dan investor swasta.

Hal ini akan mendorong pemasaran dan penjualan merek-merek Grup Michelin di Indonesia. Memungkinkannya amankan akses signifikan ke pasar utama. Dan ditempatkan dengan baik, untuk meraih keuntungan dari pertumbuhan dan ekspansi masa depan.

Jean-Dominique Senard, Kepala Pejabat Eksekutif Grup Michelin mengatakan akuisisi Multistrada merupakan peluang bagus bagi Michelin untuk memperluas operasi di Indonesia.

“Sebagai negara berpenduduk terpadat di Asia Tenggara. Dan Michelin segera mendapatkan produksi yang kompetitif dan berkualitas baik, dimana kapasitasnya tanpa harus membuat fasilitas manufaktur baru,” ungkapnya.

Pieter Tanuri Kepala Eksekutif Multistrada mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan apa yang dicapai. “Kami yakin Michelin adalah mitra ideal, untuk membawa Multistrada maju ke era pertumbuhan dan kesuksesan baru bagi kepentingan semua,” ujarnya.

Sinergi potensial di bidang manufaktur, penjualan, dan pembelian diperkirakan mewakili hingga USD 70 juta per tahun dalam 3 (tiga) tahun setelah akuisisi.

Multistrada, termasuk 20% saham di pengecer PT Penta, dan 50 Ha lahan tersedia, bernilai USD 700 juta nilai perusahaan. Mewakili 6,3 kali EBITDA, untuk 12 bulan yang berakhir 30 September 2018, setelah sinergi yang diharapkan.

Setelah PT MASA ditutup, Michelin akan membayar USD 439 juta untuk 80% saham Multistrada yang tunduk pada penyesuaian penutupan tertentu.

Karena Multistrada adalah perusahaan publik, dan sesuai peraturan Indonesia, Michelin kemudian akan meluncurkan penawaran publik untuk sisa saham yang beredar.

Dengan harga per saham sama dengan yang ditawarkan kepada kelompok pemegang saham 80%. Akuisisi ini akan didanai dari sumber daya keuangan internal dan diperkirakan tak akan berdampak pada peringkat Michelin.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close