berita terkiniKeretaModa

Jaga Faktor Keamanan, MRT Jakarta Jalin Kerja Sama Dengan Komando Daerah Militer Jaya

Motionupdate.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta dan Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta menandatangani Nota Kesepahaman terkait “Perbantuan Pengamanan Objek Tertentu MRT Jakarta”.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, dan Panglima Komando Militer Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Joni Supriyanto.

Nota Kesepahaman ini melingkupi tiga hal, yaitu pertama, bantuan pengamanan objek tertentu MRT Jakarta (yang meliputi Area Depo Lebak Bulus, Gardu Listrik (Receiving Sub-station) Taman Sambas Blok M, area transisi jalur layang ke jalur bawah tanah, 13 stasiun MRT Jakarta Fase 1, Suar Penyejuk (cooling tower), dan Suar Ventilasi (ventilation tower); kedua, pengembangan sumber daya manusia; serta ketiga, menyusun skema kerja sama yang akan dilaksanakan.

Nota Kesepahaman ini berlaku selama lima tahun ke depan. Kesepakatan ini juga termasuk pengembangan sumber daya dalam bentuk pelatihan bela negara kepada pihak yang ikut dalam pembangunan MRT Jakarta. Bantuan pengamanan ini akan berlaku selama pengembangan MRT Jakarta di fase-fase berikutnya.

“MRT Jakarta adalah yang pertama di Indonesia. Ada beberapa objek vital strategis yang perlu pengamanan khusus, terutama saat beroperasi Maret 2019 nanti. Dalam waktu singkat nanti pula akan dimulai pembangunan MRT Jakarta fase 2 sehingga kami mohon dukungan dari Kodam Jaya/Jayakarta. Semoga MoU ini dapat berjalan dengan lancar,” jelas William.

Terkait aspek keamanan di stasiun dan kereta, PT MRT Jakarta telah menyiapkan sejumlah rencana pengamanan seperti penempatan kamera pengawas (CCTV) di setiap stasiun dan kereta, monitoring ganda (di stasiun dan dari depo), staf keamanan, dan desain stasiun yang barrier-free, yaitu meminimalkan penghalang agar memudahkan pengawasan dan mengurangi titik buta (blind spot). Di setiap kereta akan ditempatkan dua unit kamera pengawas, termasuk di dalam kabin kereta.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close