berita terkiniModaPesawat

Mulai Hari ini, Tarif Bagasi Lion Air Tidak Lagi Gratis!

Motionupdate.com, JAKARTA – Terhitung mulai hari ini, Selasa (22/1/2019), Maskapai Lion Air sudah mulai memberlakukan tarif bagasi yang dibebankan kepada penumpang pesawat. Dengan demikian, kelebihan barang bawaan penumpang di atas 7 kg sudah dikenakan biaya.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hengki Angkasawan mengatakan bahwa tarif bagasi untuk penumpang sempat ditunda karena harus ada sosialisasi dari pihak maskapai.

“Betul, hari tanggal 22 Januari 2019 mulai diberlakukan. Sesuai dengan arahan Pak Menteri kemarin, harus ada sosialisasi kepada penumpang dulu,” jelasnya.

Hengki menambahkan, hingga saat ini baru Lion Air yang menerapkan tarif bagasi. Sedangkan, maskapai berbiaya murah lainnya, seperti Citilink belum menerapkan tarif bagasi tersebut. Citilink sendiri sudah merencanakan tarif bagasi seperti Lion Air.

“Hingga saat ini baru Lion Air yang SOP-nya sudah di-approve oleh bu Dirjen. Citilink belum,” ungkapnya.

“Peraturannya berat bagasi di atas 7 kg akan dikenakan biaya. Lion Air aja yang LCC (low cost carrier) aja, yang medium service sama full service ngga masuk,” tambah Hengki.

Sesuai peraturan yang berlaku, pemerintah tidak bisa melarang maskapai untuk menerapkan tarif bagasi.

“Untuk LCC memang diperbolehkan menarik tarif bagasi jika lebih dari 7kg. Bagi pemerintah apapun keputusan maskapai untuk mengedukasi juga masyarakat. Jika berpergian hanya 2 hari masa bawanya sampai 20 kg. Kita hanya mau masyarakat dapat memahami untuk melakukan perjalanan yang efektif,” pungkas Hengki.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close