berita terkiniKeretaModa

Jelang Beroperasi, 17 Instruktur ASP MRT Jakarta Ikuti Uji Sertifikasi

Motionupdate.com, JAKARTA – Sebanyak 17 instruktur Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) mengikuti uji sertifikasi yang dilaksanakan di Gedung Administrasi Depo MRT Jakarta di Lebak Bulus pada Kamis (17-01) lalu.

Uji sertifikasi ini dilaksanakan selama dua hari dengan agenda hari pertama ujian teori, tes kesehatan, dan wawancara, lalu hari kedua yang direncanakan pada Jumat, 18 Januari 2019 mendatang diisi dengan ujian praktik mengemudi kereta di jalur utama. Pengujian dilakukan oleh Balai Pengujian Perkeretaapian Direktorat Jenderal Kereta Api Kementerian Perhubungan RI. Balai mengirimkan satu tim asesor untuk uji dalam ruangan dan uji praktik.

Salah satu penguji senior, Suharyanto, mengatakan bahwa ada empat jenis pengujian yang harus dilalui oleh peserta.

“Pertama, ujian teori, yaitu pertanyaan tertulis pengetahuan teknis dan seputar tugas dan tanggung jawab sebagai ASP. Kedua, tes kesehatan seperti tes buta warna dan narkoba. Ketiga, tes wawancara, dan terakhir uji praktik mengemudikan kereta,” ucapnya.

Di fase 1 ini, PT MRT Jakarta menyiapkan 71 orang ASP yang terdiri dari 17 orang ASP sekaligus instruktur dan 54 orang sebagai ASP kereta. Mereka akan menjadi awak sarana perkeretaapian bagi 16 rangkaian kereta yang tersedia di fase 1 ini dan bekerja melayani masyarakat setiap hari sejak pukul 05.00 hingga 24.00 WIB.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi, mengungkapkan perlunya dilakukan uji sertifikasi ini.

“Tahap pertama dari sertifikasi ASP ini untuk para senior driver kereta sehingga setelah ini merekalah yang akan mendampingi para ASP muda yang berjumlah 54 orang. Untuk fase 1 ini, MRT Jakarta menyiapkan 71 ASP yang terdiri dari senior driver dan anak muda lulusan dari institusi seperti Akademi Perkeretaapian Indonesia,” ungkapnya.

Sedangkan untuk 54 orang masinis, uji sertifikasi ASP akan dilakukan pada 28-31 Januari 2019 dengan tahapan pengujian yang sama. Selain ASP, juga akan dilakukan sertifikasi bagi petugas pengarah lalu lintas kereta (OCC Dispatcher) dan petugas pemeliharaan kereta.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close