berita terkiniKeretaModa

Pink Light Campaign Peduli Ibu Hamil di Dalam Kereta

Motionupdate.com, KOREA SELATAN – Bagi yang pernah merasakan kereta Commuter Line di Jabodetabek, berdesak-desakan di kereta merupakan situasi yang kerapkali dihadapi.

Begitupun dengan ibu hamil, walaupun tersedia jatah kursi prioritas, namun seringkali kursi tersebut dikuasai penumpang lain yang tak mau kalah, dan konyolnya penumpang itu tidak hamil.

Alhasil jika dihadapkan pada kondisi demikian, ibu hamil hanya bisa berdiri pasrah, menunggu belas kasih penumpang lain yang rela memberinya tempat duduk.

Namun di Korea Selatan (Korsel), hal seperti itu tak akan terjadi lagi. Ada kampanye menarik di Korsel yang akan memastikan ibu hamil mendapatkan tempat duduk di kereta.

Busan, salah satu kota di Korsel baru-baru ini mengadakan kampanye yang disebut ‘Pink Light Campaign’. Kampanye yang akan mengingatkan para penumpang Subway di Korsel untuk memberi tempat duduk prioritas bagi ibu hamil.

Subway di Busan telah terpasang lampu indikator merah muda (pink) yang akan menyala, ketika seorang ibu hamil memasuki gerbong kereta.

Lampu indikator tersebut akan memberi tanda kepada semua penumpang kereta, jika ada ibu hamil yang harus diberikan tempat duduk prioritas.

Bagaimana itu bisa terjadi? Sebelumnya, ibu hamil harus dibekali Chip Wireless yang akan mengaktifkan lampu indikator pada kursi kereta.

Chip dan sensor tersebut bisa mereka dapat dengan mendaftar via online, dan mengkonfirmasikan kehamilan mereka. Setelah itu, sensor akan dikirimkan kepada ibu hamil yang telah terdaftar tadi.

Ketika ibu hamil tersebut duduk, lampu merah muda otomatis akan mati sendiri. Sebaliknya, lampu akan tetap menyala ketika ibu hamil masih berdiri.

Pink Light Campaign ini secara langsung meningkatkan kepedulian, dan rasa bersalah penumpang lain ketika melihat ibu hamil berdiri di depannya.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close