berita terkiniModaPesawat

Kopaska dan Dislambair Menemukan CVR Black Box Lion Air JT 610

Motionupdate.com, KARAWANG – Masih terngiang di ingatan kita, tragedi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 di Perairan Karawang, Jawa Barat, menjelang akhir tahun 2018, tepatnya Senin (29/10/2018) pagi.

Tragedi yang menewaskan 181 penumpang dan 8 (delapan) awak pesawat tersebut masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah. Salah satunya adalah belum ditemukannya Black Box berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) nya.

Namun dibalik tragedi dengan duka mendalam tersebut, ada secercah kabar baik. Yaitu ditemukannya CVR Black Box Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang yang nahas itu, pada hari Senin (14/1/2019).

Penemuan tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I TNI AL Letkol Laut (P) Agung Nugroho. Agung mengatakan, CVR Black Box ditemukan penyelam TNI AL pada Senin pagi.

“Iya ketemu pukul 09.10 WIB oleh penyelam Kopaska dan Dislambair,” katanya kepada wartawan, Senin (14/1/2019). Agung menuturkan, Black Box tersebut pada akhirnya ditemukan tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat.

Namun, ia tidak bisa menyebut lokasi persis penemuan tadi. Adapun CVR Black Box pesawat Lion Air yang nahas itu kini sudah diangkat ke kapal TNI AL, sebelum akhirnya dibawa ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut.

“Sekarang sudah dipegang, diangkat ke kapal (CVR-nya). Kapal apanya saya belum tahu,” ujarnya. Pekan lalu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama TNI AL melanjutkan kembali pencarian Black Box berisi CVR yang sempat terhenti.

Untuk diketahui, seperti disebutkan Letkol Laut (P) Agung Nugroho di atas, penyelam yang menemukan CVR berasal dari dua lembaga pemilik penyelam-penyelam handal TNI AL.

Kopaska atau Komado Pasukan Katak, adalah salah satu pasukan elit TNI AL. Sedangkan Dislambair adalah Dinas Penyelamat Bawah Air, sebagai satuan khusus pasukan para penyelam dengan berbagai keahlian untuk aktivitas bawah air.

Foto : Ilustrasi/Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close