berita terkiniUlasan

Akan Dibentuk Usaha Patungan Kelola MRT, LRT dan Transjakarta

Motionupdate.com, JAKARTA – Moda transportasi di Indonesia, khususnya di Ibukota Jakarta, sepertinya beberapa tahun ke depan akan semakin bertambah.

Semakin banyaknya moda transportasi tersebut, tentu dibutuhkan pengelolaan yang fokus dan profesional. Agar bisa berjalan seoptimal mungkin, untuk kepentingan masyarakat luas.

Karenanya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pihaknya akan membentuk institusi usaha patungan atau Joint Venture, dalam mengelola pembayaran tiket Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), dan Transjakarta.

Nantinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, akan bekerjasama dengan Bank Indonesia, untuk mengimplementasikan sistem pembayaran transportasi yang terintegrasi.

“Makanya, untuk mengelola hal tersebut, kita akan buat institusi Joint Venture pembayaran tiketnya, kenapa? Karena, kita akan melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia,” ujar Anies di Balai Kota, Kamis (10/1/2019).

Anies mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dalam pemanfaatan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), untuk memfasilitasi ketiga moda transportasi umum tersebut.

“Nanti, ada GPN ini akan menjadi salah satu contoh pemanfaatan gerbang pembayaran nasional. Itu makanya, kita melakukan Joint Venture di antara ketiganya, dengan harapan ketiganya akan bisa terfasilitasi dengan baik,” kata Anies.

Ia memastikan, tiga moda yang diintegrasikan tersebut akan berjalan baik. “Jadi, MRT, Transjakarta, dan LRT. Tiga moda ini kita harus pastikan integrasinya. Bukan hanya modanya, tapi juga tiket, manajemennya dengan baik,” ujar Anies.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close