berita terkiniKeretaModa

Jika LRT dan MRT Beroperasi, Menhub Jamin Kereta Bandara akan Ramai

Motionupdate.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjamin jumlah penumpang Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ramai ketika moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek beroperasi.

Ia mengakui, okupansi atau tingkat keterisian penumpang KA Bandara masih sepi, hanya 26 persen, terutama karena akses ke stasiun kereta itu terbatas.

“Kalau dua (MRT dan LRT) itu aja nyambung di [Stasiun] Dukuh Atas, saya yakin bahwa Kereta Bandara itu [okupansinya] akan di atas 60 persen,” kata Budi di acara diskusi KA Bandara, Rabu, 9 Januari 2019.

MRT Jakarta dijadwalkan beroperasi Februari 2019 dan LRT Jabodebek akhir 2019. Ketika MRT dioperasikan Februari nanti, sebagian besar orang di kawasan Lebak Bulus akan menggunakannya menuju Dukuh Atas sampai Bandara Soetta. Ia mengklaim, semua itu sudah dipikirkan. Masalahnya sekarang tinggal waktu.

Namun, soal tuntutan penurunan tarif Kereta Bandara yang menjadi salah satu keluhan penumpang, Budi mengaku sulit mengintervensi. Sebab itu adalah urusan korporasi, yaitu PT Railink, sebagai operator Kereta Bandara.

Ia juga menjawab tuntutan sebagian masyarakat tentang kemungkinan subsidi untuk tiket KA Bandara. Menurutnya, pemerintah memang punya kebijakan menyubsidi tiket KA Bandara, tapi tak semua, hanya sebagian. Di antaranya KA Bandara di Palembang dan Padang.

“Kita menilai mana yang kita berikan subsidi. (tiket kereta bandara di) Padang (dan) Palembang kita subsidi, tapi [di] Medan dan Jakarta tidak kita subsidi,” katanya.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close