berita terkiniModaNiaga

Edan! Bus Terpanjang di Dunia yakni 98 Meter!

Motionupdate.com, DRESDEN – Beragam jenis bus beredar saat ini. Ada Double Decker, Sleeper Bus, dan lainnya. Rata-rata memiliki kapasitas penumpang yang cukup banyak.

Memang, transportasi umum dengan kapasitas penumpang yang lumayan banyak menjadi salah satu cara mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak. Karena termasuk mengurangi kemacetan, akibat jumlah mobil pribadi yang kian menjamur.

Bahkan Jerman sebagai salah satu negara pengusung teknologi terkini, membuat inovasi. Dengan menghadirkan bus terpanjang di dunia. Dilansir Foxnews, bus tersebut dinamakan The AutoTram Extra Grand.

Bus tersebut digunakan sebagai alat transportasi massal, yang memiliki tiga buah badan. Dengan panjang 98 meter, bus tersebut dilengkapi 256 tempat duduk.

Bus yang dikembangkan konsorsium sebuah perusahaan yang meneliti proyek bus itu, INP Fraunhofer Jerman, melakukan uji coba di jalan-jalan kota Dresden.

Meski sangat panjang, cara beroperasi Auto Tram sama seperti bus pada umumnya. Itu karena bus ini memiliki lima as dan empat di antaranya dapat bermanuver seperti bus yang memiliki panjang 12 meter.

Bukan hanya itu, bus ini sangat ramah lingkungan. Pasalnya, menggunakan mesin hibrida yang digerakan dengan bahan bakar dan tenaga listrik.

Namun, meski Jerman punya bus terpanjang di dunia, namun untuk kapasitas masih kalah dengan bus di China. Panjang memang cuma 25 meter, tapi bus produksi Youngman itu mampu menampung penumpang hingga 300 kursi. Kalau di China, biar sempit asal muat banyak ya?

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close