berita terkiniKeretaModa

Keren, Sejak Diluncurkan Kereta Api Ini Selalu Penuh Penumpang

Motionupdate.com, BANDUNG – Sama halnya seperti Kereta Api (KA) Galunggung, sejak diluncurkan 2 Januari 2019, okupansi KA Pangandaran selalu full bookes atau mencapai 100 persen.

Tingginya okupansi bukan hanya rute Bandung – Banjar (PP) yang masih diberlakukan tarif Rp 1.000, tapi juga rute Stasiun Gambir – Banjar (PP) yang dikenakan tarif Rp 160.000.

Tingginya minat masyarakat menggunakan jasa angkutan KA ini, salah satunya adalah karena dinilai bisa memprediksi waktu ketibaan di lokasi tujuan.

“Saya pilih naik kereta karena jelas waktu tempuhnya. Bebas macet. Lebih nyaman, apalagi kalau bawa anak-anak, tak jenuh karena bisa bergerak di dalam gerbong. Fasilitas toilet juga ada,” kata Desi Fauzia (29), penumpang KA Pangandaran warga Panghegar, Bandung, Jawa Barat.

Terlebih KA Pangandaran adalah kereta baru yang fasilitasnya cukup nyaman. Seperti keberadaan toilet yang bersih dan tempat untuk mengisi daya atau charger telepon genggam.

Perempuan asli Banjar ini mengaku sangat senang dengan kehadiran KA relasi khusus ke kampung halamannya. Selama ini ia mengaku menggunakan moda transportasi lain, makan waktu tempuh tak tentu karena macet di sejumlah ruas jalan.

“Hingga kini memang masih tarif promo. Tapi dari info yang saya dapat, bila nanti kena tarif normal, harga tetap terjangkau dibanding moda lain. Intinya, memang nyaman naik kereta, karena tidak macet dan waktunya jelas,” katanya.

Hal senada diungkap Aulianto (31), warga Antapani, Bandung. Kehadiran KA Pangandaran menambah pilihan transportasi kereta. Selama ini untuk menuju Banjar, ia memanfaatkan relasi KA tujuan timur dan bukan relasi khusus.

“Saya sering ke Banjar, kebetulan keluarga istri asli sana. Adanya KA ini jadi tak perlu naik KA lain yang rutenya bukan khusus. Biasanya naik KA tujuan Yogja atau Surabaya, sekarang tak perlu lagi dan keretanya juga bagus,” katanya.

Kepala Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Saridal mengatakan, minat masyarakat memanfaatkan KA Pangandaran cukup tinggi. Hal ini dilihat dari tiket yang terjual sudah habis dalam waktu sebulan sejak KA ini diluncurkan.

Pihaknya berharap kehadiran KA Pangandaran menambah pelayanan, terutama di jalur selatan. “PT KAI ingin memberi pelayanan bagi masyarakat dengan menambah rute perjalanan. Sehingga masyarakat bisa memilih KA sesuai rute tujuan,” katanya.

Foto : Ilustrasi/Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close