berita terkiniModaNiaga

Pemerintah Kabupaten Bekasi Mengaku Kekurangan Truk Pengangkut Sampah

Motionupdate.com, BEKASI – Sampah dan pengangkutannya selalu menjadi permasalahan klasik yang kerapkali ada. Seperti dikatakan Dodi Agus Suprianto, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Ia mengakui, pihaknya masih kekurangan truk pengangkut sampah. Sehingga sejauh ini masih kesulitan mengangkut sampah di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi.

“Saat ini, ada 104 truk pengangkut sampah yang tersebar di 23 kecamatan. Masing-masing ada 2 sampai 3 truk, belum lagi di desa, ada berapa perumahan,” kata Dodi seperti ditulis Kompas.com, Minggu (6/1/2019).

Menurut Dodi, idealnya dibutuhkan 325 truk pengangkut sampah, untuk menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Bekasi. Dengan keterbatasan itu, ia berharap seluruh elemen masyarakat ikut mengawasi dan menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

“Ini pekerjaan rumah bagi semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lain, supaya bisa perhatikan kebersihan. Kan tidak mungkin APBD kita buat kebersihan semua,” ujar Dodi.

Berkaitan dengan hal itu, ia menyayangkan masih adanya warga yang kurang kesadaran, membuang sampah sembarangan ke sungai-sungai dan pinggir jalan.

“Perkara ngambil tidak sulit, tetapi setelah itu besok dijamin tidak ada sampah lagi. Kalau desa RT, RW, dan semua masyarakat di sekitar sana masih tetapi buang ya begini terus babak belur kita, anggaran darimana,” tutur Dodi.

Kasus terakhir, sampah menumpuk di Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Sampah rumah tangga, seperti plastik, botol, bahkan kasur tumplek seperti “dataran baru” di permukaan Kali.

Air Kali juga terlihat hitam pekat, serta mengeluarkan aroma tak sedap. Kini, sampah di Kali tersebut sedang dalam tahap pengangkutan oleh petugas terkait, menggunakan dua alat berat.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close