berita terkiniKeretaModa

Wuih, Seminggu Lebih Beroperasi, KA Galunggung Relasi Tasik – Kiaracondong Selalu Penuh!

Motionupdate.com, TASIKMALAYA – Kereta Api (KA) memang benar-benar menjadi moda transportasi yang begitu diminati saat ini. Contohnya saja Kereta Api (KA) Galunggung relasi Tasikmalaya – Kiaracondong.

Semenjak beroperasi lebih dari sepekan lalu, KA Galunggung relasi Tasikmalaya-Kiaracondong ini begitu diminati. Arief Wahyono, Kepala Stasiun Tasikmalaya mengatakan, dari hari pertama hingga kini, kursi gerbong KA Galunggung selalu terisi.

Bahkan tiket yang digratiskan hingga 25 Januari mendatang itu untuk tujuh hari ke depan sudah dipesan warga. “Animo masyarakat untuk KA Galunggung relasi Tasikmalaya – Kiaracondong ini memang sangat tinggi,” tukasnya, Jumat (4/1/2019).

Dikatakannya, hal serupa pun masih terjadi hingga keberangkatan selama tujuh hari kedepan. “Kategori penumpang pun cukup beragam,” tandas Arief.

Mayoritas penumpang KA itu diketahui memang diminati oleh masyarakat yang hendak berlibur ke Bandung. Mengingat KA tersebut diluncurkan saat musim liburan.

Setelah musim liburan usai, rangkaian KA yang terdiri dari enam gerbong itu dapat menjadi alternatif utama. Bagi masyarakat yang akan ke Bandung untuk berbagai keperluan, semisal kuliah atau melakukan perjalanan bisnis.

Karena tiket begitu laris, sebagian calon penumpang pun tak kebagian tiket. “Apalagi tak semua calon penumpang mulai naik di Stasiun Tasikmalaya. Mereka juga bisa dari Stasiun Rajapolah, Ciawi, Cipeundeuy, Cibatu, Leles, Cicalengka, Rancaekek,” jelasnya.

Animo masyarakat cukup tinggi karena, disebut Arief, sebelum kehadiran KA Galunggung, penumpang dengan destinasi Tasikmalaya – Bandung memang cukup banyak.

Mayoritas, para penumpang menggunakan KA Serayu relasi Purwokerto – Pasar Senin atau kereta jarak jauh lainnya. “Biasanya, penumpang menggunakan kereta jarak jauh dengan tarif mulai dari Rp 80 ribu,” ujarnya.

Sebagai informasi, KA Galunggung mengawali lajur perjalanan dari Stasiun Kiaracondong Bandung pukul 06.05 WIB dan tiba di stasiun Tasikmalaya pukul 09.27 WIB.

Kemudian, rangkaian yang masih melakukan jadwal perjalanan satu kali dalam sehari itu melakukan perjalanan kembali ke Bandung pukul 10.35 WIB, dan tiba di Kiaracondong pukul 14.11 WIB.

Setelah masa uji coba dan sosialisasi, penumpang rencananya dikenakan tarif sebesar Rp 35 ribu untuk jarak jauh dan akan dikenakan tarif sebesar Rp 25 ribu untuk jarak dekat.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close