berita terkiniModaNiaga

Pemerintah Kota Depok Anggarkan Rp 1,5 Miliar Buat Beli Truk Sampah

Motionupdate.com, DEPOK – Sama halnya dengan DKI Jakarta dan Bekasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga memiliki masalah tersendiri dengan sampah.

Iyay Gumilar, Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengatakan, pihaknya menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk penambahan truk sampah Compactor.

Anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019. “Tahun ini kita akan beli 4 (empat) truk sampah Compactor pakai dana APBD 2019,” ucap Iyay, Jumat (4/1/2019).

Menurutnya, 4 truk yang akan dibeli tersebut masing-masing berkapasitas 4 (empat) ton, agar dapat menampung 1.300 ton sampah per hari yang ada di Kota Depok.

Iyay mengakui, pihaknya kekurangan truk untuk mengangkut sampah-sampah tersebut. “Idealnya, apabila mengangkat ribuan ton sampah, ada 200 sampai 250 truk sampah yang harusnya disiapkan,” jelasnya.

“Jadi (Depok) kekurangan 130 sampai 135 unit truk sampah,” tambah Iyay. Truk sampah yang dimiliki Pemkot Depok saat ini hanya 115 unit dengan kapasitas angkut 4-5 ton.

“Dari 115 truk sampah tersebut kami hanya dapat produksi (angkut) sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung sebesar 800 ton per hari,” kata Iyay.

Ini lantaran kekurangan truk sampah untuk mengangkut ribuan ton sampah, juga keterbatasan kapasitas daya tampung,” ucapnya. Ia menambahkan, jumlah truk sampah yang sedikit seringkali mengakibatkan keterlambatan pengangkutan.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close