berita terkiniUlasan

Kendaraan Antariksa NASA Tembus ke Objek Terjauh di Tata Surya

Motionupdate.com, JAKARTA – Sebuah pencapaian penting di raih NASA, dimana kendaraan antariksa yang bernama New Horizons berhasil mencapai salah satu objek terjauh yang pernah diketahui di Tata Surya.

Objek yang dimaksud adalah Ultima Thule yang merupakan salah satu objek Sabuk Kuiper. Objek tersebut berada di wilayah di Tata Surya yang berisikan benda-benda angkasa purbakala. Lokasinya terbentang luas dari orbit Neptunus sampai titik yang jauhnya bisa mencapai 50 AU (Astronomic Units) atau 50 kali jarak Bumi-Matahari.

New Horizons berhasil melewati Ultima Thule dengan jarak yang cukup dekat yaitu 3.500 kilometer. Pencapaian ini akan memberikan informasi lebih lanjut terhadap objek Sabuk Kuiper tersebut.

Ultima Thule sendiri memiliki bentuk mirip dengan pin boling yang terus berputar pada porosnya secara horizontal. Secara ukuran, objek tersebut memiliki panjang 32 kilometer dan lebar 16 kilometer.

Bukan hanya itu, sebuah hal yang membuat lebih menarik adalah ada kemungkinan Ultima Thule bisa jadi merupakan dua objek yang terus mengorbit satu sama lain.

Meskipun masih sebatas prediksi, setidaknya New Horizons sudah berhasil mengungkap satu fakta soal Ultima Thule. Objek tersebut berputar seperti baling-baling dengan poros mengarah ke New Horizons.

Hal tersebut membuat tingkat kecerahan dari Ultima Thule tidak terlalu tampak dari hasil foto yang ditangkap kendaraan antariksa itu sebelumnya. Msaih banyak yang harus digalih, seperti periode rotasi dari objek tersebut.

Sebelumnya, Ultima Thule ditemukan pada 26 Juni 2014 oleh teleskop luar angkasa Hubble milik NASA. Nama resminya adalah 2014 MU69.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close