berita terkiniModaMotor

‘Jawa’ Siap Bersaing di Ranah Otomotif Roda Dua Tanah Air

Motionupdate.com, JAKARTA – Indonesia memang masih menjadi pasar potensial untuk produk otomotif roda dua. Seperti salah satu produk baru tapi lama ini, dari Jawa Motorcycles, yang disebut Jawa.

Itu sekaligus memberi penghormatan pada model pertama, dengan nama sama yang sempat merajai jalanan jaman dahulu. Sebagai produk, Jawa masuk dalam klasifikasi produk motor Classic.

Untuk produk Jawa terbaru ini gayanya sengaja dibikin ‘jadul’ atau Retro. Pabrikan Jawa Motorcycles berusaha menyajikan Jawa 300 Classic semirip mungkin dengan motor lawas.

Dua knalpot yang menjadi ciri khas pabrikan tersebut, juga tak dihilangkan. Yang berbeda justru dari mesinnya, dahulu memakai mesin 2-stroke, sekarang sudah 4-stroke.

Selain Jawa 300, terdapat model kedua yang diberi nama Jawa 42 dan masuk kategori Sport. Secara keseluruhan mirip dengan Jawa, tapi ada sedikit perbedaan.

Yaitu di lini stang, dimana stangnya lebih rata dan rendah ketimbang Jawa standar. Sehingga memberi kesan lebih sporty. Panel instrumen dan lampu depan juga berdiri sendiri.

Hal tersebut membuatnya berbeda dengan Jawa standar, yang mengsusung speedometer terintegrasi rumah lampu. Selain itu, suspensi depan teleskopik pada Jawa 42 dilabur warna hitam, membuatnya terkesan lebih ‘galak’.

Masih ada produk ketiga Jawa Motorcycles, merupakan kustomisasi resmi pabrikan. Disebut Jawa Perak, dengan gaya Bobber dan punya mesin lebih besar. Namun pada dasarnya, ketiga produk tadi berbagi basis rangka modular yang sama.

Baik Jawa dan Jawa 42, menggendong mesin satu silinder 293cc berpendingin cairan. Tenaganya 27 PS dan torsi 28 Nm. Adapun Jawa Perak dibekali mesin berkapasitas 334cc, yang menyemburkan daya 30,4 PS dan torsi puncak 31 Nm.

Mendukung performa, suspensi belakang bisa disetel lima tahap. Pelek jari-jari berukuran 18 inci di depan dan 17 inci di belakang. Deselerasi ditangani rem cakram 280mm di depan dengan ABS. Sedangkan rem belakang masih teromol.

Jawa standar tersedia dalam tiga warna: hitam, merah marun dan abu-abu. Sedangkan Jawa 42 lebih banyak, dimana tersedia 6 (enam) pilihan warna. Yakni Hallys Teal, Galactic Green, Starlight Blue, Lumos Lime, Nebula Blue dan Comet Red.

Model Jawa standar dibanderol harga sekitar Rp33 jutaan (OTR) DKI Jakarta, Jawa 42 dipatok harga Rp31 jutaan (OTR) DKI Jakarta dan Jawa Perak dipasang harga Rp38 jutaan (OTR) DKI Jakarta.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close