berita terkiniUlasan

Demi Mengurangi Kemacetan, Luksemburg Akan Menggratiskan Semua Moda Transportasinya

Motionupdate.com, JAKARTA – Perdana Menteri Luksemburg, Xavier Bettel telah mengumumkan akan menghapus tarif kereta api, trem dan bus pada musim panas mendatang. Dengan kata lain, Luksemburg akan menjadi negara pertama di dunia yang menggratiskan semua moda transportasi umumnya.

Tarif kereta api commuter di Luksemburg sebesar 2 Euro atau hampir setara dengan Rp 33.236 untuk dua jam perjalanan. Perjalanan ini sudah termasuk hampir semua rute di negara yang kecil ini. Demikian dalam lansiran Archdaily, Selasa (25/12).

Sebelumnya, negara ini juga telah menawarkan transportasi gratis untuk semua orang yang berusia di bawah 20 tahun. Siswa sekolah menengah juga bisa naik angkutan gratis dari sekolah ke rumah.

Negara dengan kondisi geografisnya yang diapit beberapa negara seperti Belgiam Jerman dan Prancis, hingga kini sudah memiliki lebih dari 400.000 pengguna kereta untuk bekerja dalam negeri maupun ke negara-negara tetangga.

Pemerintah Luksemburg sudah berencana untuk merubah tarif kereta commuter yang sebelumnya berdasarkan jarak tempuh, menjadi gratis pada tahun 2020.

Langkah ini merupakan upaya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di negara tersebut. Pasalnya, jumlah mobil di Luksemburg sendiri merupakan yang terbanyak di Eropa.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close