berita terkiniUlasan

Nakhoda Nakal Sebabkan Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Motionupdate.com, LABUAN BAJO – Kapal wisata di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dilaporkan tenggelam, Minggu (23/12).

Kapal Motor (KM) La Hila yang mengangkut 11 orang itu tenggelam di perairan Pulau Padar, Kawasan Wisata Taman Nasional Komodo (TNK).

“Sembilan orang selamat dievakuasi ke Labuan Bajo dan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit,” kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, dikutip Antara, Minggu (23/12).

Julisa menyatakan, dua korban yang saat ini masih belum ditemukan yakni Dr Yudi Prayudi dan Gregorius yang bertugas sebagai pemandu wisata.

“Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap dua orang wisatawan,” katany. Julisa menjelaskan, KM La Hila sendiri mempunyai anak buah kapal (ABK) 4 (empat) orang.

Kapal wisata itu disewa tujuh orang wisatawan domestik yang ingin berwisata ke kawasan wisata TNK, sambil menikmati liburan Natal dan Tahun Baru. “Kapal wisata itu bertolak dari Labuan Bajo pada Sabtu (22/12), pukul 08.00 Wita,” ujarnya.

Julisa menjelaskan, kapal tersebut menyinggahi sejumlah kawasan wisata seperti Pulau Rinca. Minggu (23/12), kapal itu bertolak dari pulau Rinca menuju Pulau Padar. Namun pukul 04.00 WITA, kapal itu karam dihantam gelombang kemudian tenggelam.

Mendapat informasi kapal wisata itu tenggelam, tim SAR gabungan dari Polairud, Basarnas, Polres Manggarai Barat, TNI-AL, patroli gabungan TNK-Polres Manggarai Barat-Brimob, bersama sejumlah kapal wisata lain berusaha selamatkan para korban.

Sementara Kepala Otoritas Syahbandar Labuan Bajo, Iwan Sumantri, mengatakan, kapal itu hanya diizinkan berlayar ke dua tempat wisata, yakni pulau Rinca dan Loh Buaya. “Nakhodanya nakal, ujung-ujungnya kapal yang dinakhodainya diterjang gelombang dan tenggelam,” katanya.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close