berita terkiniUlasan

Aktivitas Kapal Trawl Ganggu Nelayan Tanjung Sangkar Cari Ikan

Motionupdate.com, BANGKA – Belakangan ini nelayan di Kabupaten Bangka Selatan sudah tak tahan lagi, dengan aktivitas kapal Trawl, kapal Compreng dan TI Apung di wilayah mereka.

Mirisnya, di malam hari, nelayan Tanjung Sangkar hanya bisa mencari ikan saat malam Jumat saja. “Kalau hari-hari lainnya yang beroperasi itu kapal Trawl, jaraknya cuma 2 km dari pantai,” kata Iswandi, Kepala Desa (Kades) Tanjung Sangkar.

Nelayan lokal menurutnya terpaksa mengalah. “Karena kapal Trawl libur malam Jumat, jadi nelayan kita cuma beroperasi malam jumat saja,” ucapnya.

Kondisi tersebut lanjut Iswandi bukan terjadi baru ini saja. Kejadian ini terjadi sudah cukup lama. “Dua periode jadi Kades, dari tahun 2008 sampai sekarang. Hanya kapal Trawl inilah yang tak bisa saya selesaikan sendiri, mereka banyak sekali,” jelasnya.

Dia sempat menangkap dan membawa kapal Trawl tersebut ke pinggir pantai. Hal ini dilakukan hanya untuk menyampaikan ke aparat keberadaan kapal Trawl tersebut.

Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada tindakan dari aparat terkait. Bahkan kapal Trawl masih beroperasi di wilayah tangkap ikan nelayan tradisional.

“Mereka itu berlindung dan beroperasinya di sekitar Pulau Burung, Pulau Seniur. Padahal disana itu karangnya bagus-bagus. Kalau kita biarkan terus beroperasi kapal Trawl, terumbu karang kita akan tambah rusak parah,” kata Iswandi.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman berjanji akan segera mengambil tindakan tegas. Dia juga minta bantuan para nelayan. Dia meminta bukti-bukti yang didapat oleh nelayan seperti foto, video, titik koordinat kapal, pemilik kapal hingga alamatnya.

“Kalau buktinya lengkap bisa mempermudah proses penindakan. Tinggal kita datang kerumahnya dan jemput,” ujar Erzaldi.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close