berita terkiniUlasan

Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Pelni Menyiapkan 72 Kapal Untuk Mudik dan Liburan

Motionupdate.com, JAKARTA – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) telah menyiapkan 72 kapal untuk melayani angkutan mudik atau liburan akhir tahun.

72 kapal tersebut terdiri dari 46 kapal trayek Perintis dan 26 kapal trayek Nusantara. Program ini akan berlangsung mulai dari 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Kepala Kesekretariatan PT Pelni (Persero), Ridwan Mandaliko mengatakan bahwa kapal Perintis dengan kapal Nusantara memiliki perbedaan trayek atau jangkauan.

“Perbedaan yang dimaksud, jika trayek Nusantara melayani perjalanan jarak jauh, sedangkan trayek Perintis melayani jarak dekat,” jelas Ridwan.

Seluruh kapal yang berjumlah 72 unit ini akan diberangkatkan dari pelabuhan di seluruh Indonesia, seperti Banda Aceh, Bengkulu, Tahuna, Ambon, Papua dan pulau-pulau terdepan.

Untuk trayek kapal Nusantara berlaku mulai dari Tanjung Priok-Surabya-Makassar-Ambon-Sorong-Jayapura. Sedangkan, untuk trayek kapal Perintis, Tanjung Pinang-Tarempa-Natuna-Misai-Serasan-Pontianak.

Sementara itu, masing-masing kapal memiliki batas maksimal penumpang, kapal Nusantara memiliki tiga jenis kapal yaitu tipe 3.000 penumpang, tipe 2.000 penumpang dan 1.000 penumpang. Sedangkan untuk kapal Perintis hanya bisa menampung 250-450 orang.

Kapal Nusantara dan kapal Perintis akan beroperasi selama 24 jam dari pelabuhan sat uke pelabuhan lainnya. Soal harga, kedua kapal ini memiliki tarif mulai dari Rp 245.000 hingga Rp 750.000.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close