berita terkiniKeretaModa

Terkait Kereta Kencang Jakarta-Surabaya, Kemenhub: Anggaran Tidak Boleh Lebih Dari Rp 60 Triliun

Motionupdate.com, JAKARTA – Terkait kereta kencang Jakarta-Surabaya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan pernyataan bahwa proyek tersebut telah memasuki tahap feasibility study (FS/studi kelayakan) oleh Jepang.

Kemenhub sendiri meminta waktu tempuh Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu maksimal 5,5 jam dengan menggunakan kereta kencang.

“Waktu tempuh 5,5 jam tidak boleh kurang lagi, dari Jakarta ke Surabaya,” demikian kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri.

Sebelumnya, Zulfikri mengatakan saat ini proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya masih menunggu tahap feasibility study (FS) yang akan dilakukan oleh Jepang. Dimana sebelumnya sudah dilakukan Pra FS.

“Proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya kita masih menunggu FS yang dilakukan Jepang. Kemarin kan Pra FS. Sekarang masuk ke tahap FS,” jelas Zulfikri.

Soal anggaran, pihak Jepang diminta untuk memastikan agar nilai proyek ini tidak lebih dari Rp 60 triliun. Untuk itu pihak yang bersangkutan diminta untuk memperdalam kajian dalam proses FS yang tengah dilakukan.

“DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) FS harus tidak boleh lebih dari Rp 60 triliun. Sekarang lagi diperdalam lagi,” pungkas Zulfikri.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close