berita terkiniModaMotor

Begini Jadinya Kalau Sepeda BMX ‘Kawin’ Sama Motor Yamaha

Motionupdate.com, JEPANG – Basicnya, sepeda motor dan sepeda adalah dua benda yang serupa tapi tak sama. Walaupun umumnya sama-sama beroda dua. Malah banyak juga yang bilang, sepeda motor adalah sepeda yang disematkan mesin.

Yamaha pun menyikapi prinsip sederhana tersebut, melalui salah satu sepeda motor konsepnya, yang dihadirkan di ajang pameran otomotif bergengsi dunia, Tokyo Motor Show, beberapa tahun silam.

Ya, sepeda motor konsep tersebut adalah Yamaha Chivicker. Desainnya terbilang unik, karena merupakan penggabungan antara gaya sepeda BMX, dengan fungsi sepeda motor kebanyakan. Dengan kata lain, Chivicker adalah BMX yang dipasangi mesin.

Layaknya sepeda BMX yang beredar di pasaran, Yamaha Chivicker menggunakan jok kecil dan sasis underbone. Bagian tengah rangka motor unik ini berfungsi sebagai tangki bahan bakar.

Disamping itu, bagian depannya mengandalkan suspensi teleskopik, yang berpadu dengan monoshock horizontal di belakang.

Semakin terlihat keunikan di motor ini, pada bagian as roda depan dan belakang, terdapat jalu atau bar-end yang menonjol.

Tahu tidak apa fungsinya? Fungsinya, biasanya pada sepeda BMX, part khusus ini akan mulai berfungsi, ketika si pengendara BMX akan melakukan aksi freestyle atau berboncengan.

Karena dimensi dan rangka serta kaki-kaki kecil, Yamaha Chivicker kiranya hanya diperkuat mesin 4-Tak 50cc, dengan knalpot di bawah jok. Meski demikian, tampilannya yang ‘nyeleneh’, lumayan menarik perhatian kok.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close