berita terkiniModaNiaga

Sastrawan Ternama NH Dini Meninggal Dunia Akibat Tertabrak Truk Mundur

Motionupdate.com, SEMARANG – Astaghfirullahaladzim…, salah seorang sastrawan terbaik di Tanah Air, Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau yang akrab disapa NH Dini meninggal dunia di usia 82 tahun akibat kecelakaan.

Setelah mobil taksi yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di Tol Tembalang KM 10, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (4/12/2018). Pasca peristiwa tersebut, NH Dini sempat mendapat perawatan medis di salah satu Rumah Sakit di Semarang.

Namun sangat disayangkan, nyawa pengarang salah satu novel berjudul ‘Pada Sebuah Kapal’ itu tak dapat diselamatkan. NH Dini mendapat luka parah di bagian kepala dan kaki kanan.

Sedangkan sopir taksi bernama Suparjo berusia 57 tahun terluka di bagian tangan kanan dan lecet kaki kiri. AKBP Yuswanto Ardi, Kasatlantas Polrestabes Semarang menjelaskan kronologi kecelakaan yang menewaskan NH Dini.

Seperti ditulis Tribun Jateng, berawal saat truk bernomor polisi AD 1536 mengalami kerusakan di jalur utama tol. Ketika hendak melaju kembali, truk tersebut malah justru berjalan mundur.

Malangnya, di saat yang sama, mobil minibus yang ditumpangi NH Dini datang dari arah yang sama dan berada tepat di belakang truk pembawa petaka tersebut. Sopir minibus tak dapat menghindar dan tabrakan pun terjadi.

Menurut penuturan Gilang, sopir truk berusia 28 tahun, as roda kiri truk yang dikemudikannya mendadak patah. “Lalu truk berhenti. Karena tak dapat saya kendalikan, mundur dan menabrak sebuah mobil yang melaju searah,” katanya.

Kepergian NH Dini meninggalkan duka teramat dalam bagi para penggemarnya. Selama hidupnya, NH Dini begitu dikenal sebagai seorang penulis yang telah melahirkan banyak karya.

Beberapa karya terkenal NH Dini di antaranya, Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975), Namaku Hiroko (1977), Orang-orang Tran (1983), Pertemuan Dua Hati (1986) dan Hati yang Damai (1998).

Lebih dari 20 buku telah ditulisnya. Perempuan kelahiran Semarang, 29 Februari 1936 itupun juga pernah mendapat penghargaan SEA Write Award di bidang sastra dari Pemerintah Thailand.

Ia sempat menikah dengan Yves Coffin, Konsul Prancis di Kobe, Jepang, pada 1960 hingga akhirnya cerai pada 1984. Dari pernikahannya itu, NH Dini dikaruniai dua orang anak, yaitu Marie-Claire Lintang dan Pierre Louis Padang.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close