berita terkiniKeretaModa

Terkait Proyek LRT Jabodebek, Desember Ini Adhi Karya Terima Pembayaran Rp 2,8 Triliun

Motionupdate.com, JAKARTA – PT Adhi Karya (Persero) Tbk menyatakan akan menerima dana sebesar Rp 2,8 triliun dari PT KAI pada awal Desember 2018 untuk kelanjutan proyek Light Tail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek).

Diakui pihak Adhi Karya, KAI sebelumnya telah mencairkan dana sekitar Rp 3,4 triliun kepada pihaknya. “KAI sudah menggantikan yang Rp 3,4 triliun. Minggu depan kita akan terima kira-kira Rp 2,8 triliun. Ini dalam proses pencairan,” sebut Budi Harto, Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Kamis (29/11).

Secara progres fisik, ia mengatakan, proyek LRT Jabodebek kini telah mencapai 49,5 persen. Dia juga menambahkan, kereta sudah mulai datang pada bulan April 2019.

“Tahun ini kan tinggal sebulan. Yang di Cawang Cibubur sudah pasang rel. Kemudian ada jembatan-jembatan yang melintang tol itu akhir Januari (2019) selesai. Jadi kira-kira nanti bulan April (2019) kereta sudah datang,” jelasnya.

Ia menambahkan, “jadi itu sudah mulai dipasang (keretanya), dicoba di Cawang Cibubur”. Pengadaan kereta ini digalang PT KAI dan PT INKA. Adapun jumlah kereta yang didatangkan pada April 2019 nanti yakni sekitar 32 rangkaian. “Pengirimannya bertahap. Ada 32 trainset, 32 rangkaian kereta. Kalau tidak salah ya,” ujarnya.

Sebelumnya, Budi menjelaskan, pembayaran tahap pertama dilakukan berdasarkan progres pengerjaan proyek LRT Jabodebek Fase I oleh Adhi Karya hingga September 2017.

Adhi Karya akan menerima pembayaran proyek pengerjaan LRT tahap kedua mengacu kepada progres pekerjaan dari Oktober 2017 sampai dengan Desember 2017. “Saat ini sedang dipersiapkan progres berikutnya, mudah-mudahan kalau yang kedua tidak terlalu lama,” ujarnya.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close