berita terkiniModaPesawat

KNKT Ungkap Fakta Baru Terkait Kecelakaan Pesawat Lion Air JT10 PK-LQP, Seperti Apa?

Motionupdate.com, JAKARTA – Sebuah fakta baru ditemukan terkait kecelakaan pesawat Lion Air JT10 tujuan PK-LQP, di mana pesawat tersebut sudah mengalami masalah sejak pesawat lepas landas hingga jatuh pada 29 Oktober 2018.

Menurut flight Data Recorder (FDR) Lion Air PK-LQP merekam adanya masalah pada hidung pesawat yang berkali-kali turun secara otomatis dan pilot berusaha kembali menaikkannya.

Melalui jumpa pers, Rabu (27/11), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menjelaskan fakta tersebut dalam preliminary report.

Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan, “Digital flight data recorder (DFDR) merekam adanya perbedaan antara AoA (Angle of Attack) kiri dan kanan sekitar 20 derajat yang terjadi terus-menerus sampai akhir rekaman.”

“Sebelum pesawat lepas landas, stick shaker pada control column sebelah kiri aktif dan terjadi pada hampir seluruh penerbangan,” ungkapnya.

Pada saat terbang, kopilot (second in command-SIC) sempat bertanya kepada petugas pemandu lalu lintas penerbangan (ATC) untuk memastikan ketinggian dan kecepatan pesawat yang ditampilkan di layar radar petugas ATC. Kopilot juga melaporkan bahwa pesawat mengalami flight control problem kepada petugas ATC.

Saat terbang, pilot dan kopilot menaikan flaps pesawat. Flaps adalah sirip sayap pesawat dengan permukaan berengsel yang terletak di tepi belakang sayap pesawat.

Ketika flaps dinaikkan, FDR merekam hidung pesawat otomatis turun (trim aircraft air nose down-trim AND). Kemudian pilot menaikkan hidung pesawat (trim aircraft air nose up-trim ANU).

“Trim AND otomatis berhenti ketika flaps diturunkan. Ketika flaps dinaikkan kembali, trim AND otomatis dan input dari pilot untuk melakukan trim aircraft nose up (ANU) terjadi kembali dan berlanjut selama penerbangan,” jelas Nurcahyo.

Fakta yang disampaikan oleh KNKT ini merupakan laporan awal yang didapatkan setelah 30 hari setelah terjadinya kecelakaan. Artinya, laporan ini bukan merupakan kesimpulan dari kecelakan Lion Air JT10 PK-LQP.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close