berita terkiniKeretaModa

Jadi Tamu Istimewa, Inilah Harapan Presiden Jokowi Untuk Proyek MRT Jakarta

Motionupdate.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta kedatangan tamu istimewa, Benar. Presiden Joko Widodo mencoba kereta MRT dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju Depo Lebak Bulus. Bukan hanya itu, orang nomor satu Indonesia tersebut juga meninjau fasilitas di stasiun MRT Jakarta.

Di dalam kereta, selama perjalanan menuju Lebak Bulus, terlihat Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, menjelaskan status perkembangan pembangunan MRT Jakarta fase 1 serta fitur yang ada di kereta MRT Jakarta.

“Tadi kita sudah bersama-sama mencoba kereta MRT dari Stasiun Bundaran HI sampai Lebak Bulus sepanjang 16 km. Proyek ini sudah selesai 97 persen, kurang tiga persen lagi. Saya berharap Maret 2019 sudah mulai beroperasi melayani masyarakat. Saat ini, kereta sedang diuji coba. Tadi kereta berada di kecepatan 60 km/jam, suaranya hampir tidak terdengar bisingnya, sangat bagus sekali,” kata Jokowi.

“Saya juga berharap agar tahun depan, tahap dua segera dikerjakan bersamaan dengan koridor timur dan barat. Sistem transportasi kita harus terintegrasi dengan moda yang lain seperti LRT, kereta bandara, bus Transjakarta, dan lainnya agar dapat efektif mengurangi kemacetan dan masyarakat di Jabodetabek dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Juga harus ada penerapan electronic road pricing(ERP),” lanjut ia.

Hingga Oktober 2018, perkembangan pembangunan proyek MRT Jakarta fase 1 telah mencapai 97,08 persen. Kini telah ada sembilan rangkaian kereta yang telah tiba di Depo Lebak Bulus dan sedang menjalani serangkaian tes. Ditargetkan pada Desember 2018, seluruh enam belas rangkaian kereta tiba di Depo Lebak Bulus.

Nantinya akan ada empat belas rangkaian kereta yang beroperasi melayani penumpang sejak pukul 05.00 WIB pagi dengan selang waktu antar-rangkaian kereta lima menit pada waktu sibuk, sekitar pukul 06.00 – 08.00 WIB dan 17.00 – 19.00 WIB, dan selang waktu antar-rangkaian kereta sepuluh menit di luar waktu sibuk.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close