berita terkiniUlasan

Mengawali Debut Produksi Tahun 1971, Kini Pabrik Suzuki Sudah Memproduksi 2,5 Juta Mobil dan 11 Juta Motor

Motionupdate.com, JAKARTA – Kiprah pabrik Suzuki pertama kali dimulai pada tahun 1971 dengan memproduksi sepeda motor. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Suzuki juga memproduksi komponen dan mesin sepeda motor di Cakung tahun 1974. Seiring meningkatnya permintaan pasar, pada tahun 1981 membangun pabrik Tambun I untuk meningkatkan kapasitas produksi sepeda motor.

Tidak hanya sepeda motor, Suzuki juga mulai memproduksi mobil pada tahun 1976 dan dilanjutkan dengan membangun pabrik Tambun II pada tahun 1991 untuk meningkatkan kapasitas produksi mobil. Seiring meningkatnya permintaan pasar, Suzuki kembali meresmikan pabrik terbarunya di Cikarang yang memproduksi mobil, mesin, dan transmisi dengan nilai investasi USD 1 miliar.

Sejak memulai debut produksi sepeda motor pada tahun 1971, Suzuki telah memproduksi 11 juta unit sepeda motor di Indonesia. Sementara itu, sejak tahhun 1976 hingga saat ini, produksi mobil Suzuki di Indonesia telah mencapai jumlah 2,5 juta unit.

President Director PT SIM, Seiji Itayama mengungkapkan, melalui kelima pabrik tersebut, Suzuki berharap kegiatan ekspor bisa meningkat setiap tahunnya sehingga berdampak positif baik untuk Suzuki maupun untuk perekonomian Indonesia.

“Pada tahun 2017, 33% pendapatan kami bersumber dari ekspor dan kami menginginkan hal ini bisa naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan dorongan Pemerintah Indonesia yang terus membantu kemudahan ekspor Suzuki. Hal ini semakin memacu kami untuk memperluas ekspor ke negara-negara tujuan baru,” ungkap Itayama.

Dengan total lima pabrik yang berlokasi di Cakung, Tambun, dan Cikarang, Suzuki memproduksi komponen, mesin, transmisi, dan perakitan sepeda motor dan mobil untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan luar negeri. Sepeda motor Suzuki seperti GSX-R150, GSX-S150, GSX150 Bandit, Satria F150, Address, NEX II, dan Smash diproduksi di Tambun I. Sementara mobil APV, Futura, dan Karimun Wagon R di Tambun II, dan All New Ertiga dibuat di Cikarang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close