berita terkiniModaPesawat

Menara Air Traffic Controller Rusak Parah, Airnav Pakai Mobile Tower Untuk Mengatur Penerbangan di Bandara Palu

Motionupdate.com, PALU – Akibat gempa dan tsunami yang melanda Palu dan sekitarnya, membuat Bandara Mutiara Sis Aljufri tidak bisa beroperasi seperti biasa karena Menara Air Traffict Controller (ATC) rusak parah dan tidak bisa digunakan oleh petugas Airnav.

Untuk sementara, beberapa hari pasca gempa pihak Airnav terpaksa menggunakan alat-alat seadanya untuk tetap bisa melayani navigasi penerbangan, dimana pesawat milik TNI AU tengah beroperasi mengangkut relawan dan bantuan serta evakuasi korban.

Pihak Airnav sendiri sudah menggunakan mobile tower untuk memandu lalu lintas penerbangan. Alat yang dibuat di Jerman ini, juga digunakan di Bandara Lombok usai dilanda gempa. Alat ini sangat membantu karena sudah memiliki fungsi yang menyerupai ruang ATC.

Deputi General MATSC, Davitson Aritongan mengatakan, “Mobil tower ini memiliki kabin yang kedap suara. Mempunyai dua radio komunikasi yang bisa digunakan untuk frekuensi yang berbeda. Sehingga memungkinkan untuk membagi menjadi dua unit ATC yang berbeda yaitu Tower dan APP.”

Untuk proses pengirimannya, mobile tower ini dikirim dari Lombok ke Surabaya melalui jalur darat. Setelah sampai di Pelabuhan Tanjung Perak, alat diangkut menggunakan kapal laut menuju pelabuhan pantoloan selam empat hari.

Hingga saat ini, mobile tower ini sudah melayani 150 penerbangan pesawat setiap harinya. Mulai dari pesawat TNI AU hingga pesawat komersil yang sudah mulai beroperasi sejak beberapa waktu lalu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close