berita terkiniModaPesawat

Tinjau Korban Gempa Palu, Presiden Jokowi Naik Pesawat Milik TNI AU

Motionupdate.com, PALU – Terkait gempa yang mengakibatkan tsunami di Palu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan untuk meninjau situasi pasca gempa dengan menggunakan pesawat Boeing 737-400 milik TNI AU.

Hal ini menjadi pertanyaan, karena Presiden Jokowi tidak menggunakan pesawat kepresidenan saat melakukan kunjungannya tersebut.

Menurut penjelasan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa alasa Jokowi menggunakan pesawat milik TNI AU dikarenakan kondisi landasan pacu Bandara Mutiara Sis Al-Jufri. Akibat gempa, landasan tersebut mengalami retak-retak.

“landasan pacu yang bisa digunakan hanya sepanjang 2.000 meter dari 2.400 meter landasan pacu yang ada. Kemarin saya dan rombongan menggunakan jenis pesawat Boeing 737-400,” ungkap Marsekal.

Saat di Palu, Jokowi dan rombongan meninjau beberapa lokasi terdampak gempa seperti Pantai Talise, Perumahan Balaroa, dan Rumah Sakit Wira Buana. Jokowi juga memimpin rapat terbatas setibanya di Palu.

“Pertama, yang paling penting saya tekankan, kepada seluruh kementerian TNI/Polri agar penanganan yang dilakukan pertama adalah berkaitan dengan evakuasi,” kata Jokowi di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Sulteng.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close