berita terkiniUlasan

Unik, Bersihkan Material Otomotif Pakai Pasir

Motionupdate.com, BEKASI – Pernah dengar teknik Sandblasting? Merupakan proses pembersihan permukaan (threatment surfacing) dengan cara menembakan partikel (pasir) ke permukaan material. Sehingga timbul gesekan atau tumbukan pada permukaan material itu.

“Permukaan material tersebut akan menjadi bersih dan kasar. Tingkat kekasarannya dapat disesuaikan dengan ukuran pasirnya serta tekanannya,” ujar Setio Widayanto, salah satu punggawa Iron Work Motorcycle & Car Sandblasting, bengkel Sandblasting yang mulai beroperasi awal 2015.

Menurut Boyo, panggilan akrab Setio, Sandblasting dipilih karena proses ini paling cepat dan efisien, untuk membersihkan permukaan material yang terkontaminasi berbagai kotoran, terutama karat. Efeknya membuat permukaan material menjadi kasar, dan bikin cat melekat kuat.

“Banyak keuntungan Sandblasting, yaitu membersihkan permukaan material dari kontaminasi. Seperti karat, tanah, minyak, cat, garam dan lainnya,” ujar Boyo. Umumnya bahan yang di Sandblasting yaitu logam seperti besi, alumunium, kuningan dan perunggu. “Dalam proses Sandblasting ada dua jenis Abrasive Material-nya, yaitu logam dan non logam,” ungkapnya.

Dimana Abrasive non-logam termasuk pasir Silika, Aluminium Oksida, Silikon Karbida, Glass Bead, Natrium Bikarbonat (Baking Soda), media Blasting plastik, Walnut Shell dan Corn Cob. Adapun penggunaan Abrasive non-logam biasanya untuk proyek-proyek halus seperti menghilangkan noda atau jamur, minyak atau lemak, dari bagian-bagian mesin yang bergerak.

Sedangkan Abrasive logam antara lain Steel Shoot, pasir besi, Wire Cut Carbon. “Bisa gunakan Abrasive logam jika ingin tekstur kasar. Sebagai contoh, jika gunakan Abrasive Glass Bead, permukaan logam akan jadi halus. Kalau Silika dan Steel Grit membuat permukaan jadi kasar,” jelas Boyo. Jika ingin lebih kasar lagi bisa pakai Abrasive Steel Shoot atau Stainless Cut Wire.

Iron Work Motorcycle & Car Sandblasting belakangan kian banyak menerima pesanan material otomotif, seputar Jabodetabek maupun luar kota. Seperti membersihkan blok mesin, Velg, tangki dan banyak lagi. Sebagai bagian sosialisasi Sandblasting, sejumlah pameran otomotif pun diikuti, baik itu Tumplek Blek, Parjo dan lainnya.

“Bicara harga, kami menghitung sesuai besaran volume mesin. Satu set mesin di bawah 250cc, jasa Sandblasting sekitar Rp450 ribu. Di atas 250-600cc biaya sekitar Rp600 ribu. Mesin 600cc ke atas Rp800 ribu,” aku Boyo. Kalau sasis motor Rp500-Rp700 ribu, mobil sekitar Rp1 juta. Buat yang berminat, bisa mengunjungi Jl. Swatantra IV No.50 Jatiasih, Bekasi, Telp. 0813 8251 9897.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close