berita terkiniUlasan

Kalahkan Titanic, Inilah 5 Kapal Laut Terbesar di Dunia

Motionupdate.com, JAKARTA – Pernah dengar nama Titanic? Sebuah kapal pesiar terbesar dan termewah di eranya. Bahkan
saking mahsyurnya, sempat dibuatkan film tentang Titanic, beserta kisah kasih asmara di dalamnya.

Titanic memang dikenal sebagai kapal terkuat saat itu, dan pernah diklaim sebagai kapal terbesar yang pernah dibuat. Panjangnya
dari haluan hingga buritan mencapai 269 meter, lebar 28 meter, dan tinggi total dengan cerobong mencapai 53,3 meter. Bobot mati Titanic mencapai 52.310 ton.

Namun, lebih dari seratus abad telah berlalu. Perkembangan teknologi kiranya membuat manusia mampu menciptakan kapal-kapal yang lebih besar dibanding Titanic. Mulai dari kapal pesiar, Tanker hingga kontainer.

Berikut ini 5 (lima) kapal terbesar yang pernah dibuat dari laman wonderslist.com.

1. Emma Maersk

Dalam daftar Top 10 Kapal Terbesar Dunia, Emma Maersk saat ini menjadi kapal terbesar kedua yang masih beroperasi. Emma Maersk adalah kapal kontainer pertama di Kelas E-Delapan yang dimiliki A. P. Moller-Maersk Group.

Ketika diluncurkan pada 2006, Emma Maersk adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibangun. Pada 2010, ia dan tujuh kapal saudarinya juga menjadi kapal kontainer terpanjang yang pernah dibangun. Panjang Emma Maersk adalah 397,71 meter.

Emma Maersk adalah kapal kontainer yang membawa barang berbeda dari satu negara ke negara lain. Kapasitas kapal ini mampu membawa sekitar 11.000 atau 14.770 TEU (twenty-foot equivalent unit) tergantung pada definisinya.

2. Batillus

Merupakan Super Tanker yang dibangun pada 1976 oleh Chantiers de l’Atlantique di Saint-Nazaire, untuk cabang perusahaan minyak Shell.

Batillus, bersama dengan ‘saudari-saudari’ nya, kapal Bellamya, Pierre Guillaumat dan Prairial, adalah kapal terbesar di dunia, yang ukurannya hanya mampu dilampaui oleh Seawise Giant yang dibangun pada 1976, dan diperpanjang pada 1981. Meskipun empat kapal dari kelas Batillus memiliki tonase kotor lebih besar.

Dengan kapasitas bobot mati hampir 554 ribu ton, kemampuan arungi lautan dengan kecepatan 16 hingga 17 knot. Panjangnya 414,22 meter, sehingga dikatakan Batillus adalah kapal terbesar keempat yang pernah dibuat. Kapal ini melakukan perjalanan terakhirnya pada 28 Desember 1985, dari Vestnes ke Kaoshiung (Taiwan).

3. Pierre Guillaumat

Pierre Guillaumat adalah kapal terbesar ketiga yang pernah dibangun dalam sejarah dunia. Nama kapal ini diambil dari nama politisi Perancis dan pendiri industri minyak Elf Aquitaine, Pierre Guillaumat.

Kapal Pierre Guillaumat juga tergolong Super Tanker yang dibangun pada 1977, oleh Chantiers de l’Atlantique di Saint-Nazaire untuk Compagnie Nationale de Navigation.

Kapal ini hanya beroperasi selama 6 tahun, sebelum dihentikan karena profitnya yang minim dan menurunnya permintaan. Berkat proporsinya yang sangat besar, kegunaan dari Pierre Guillaumat sangat terbatas.

Kapal ini tidak bisa melewati Terusan Panama atau Suez. Karena rancangannya, hanya sedikit pelabuhan di dunia yang dapat ia masuki. Sehingga, Pierre Guillaumat hanya tertambat di rig lepas pantai, dan terminal minyak seperti Antifer dan setelah lepas muatan untuk mengurangi ukuran dan bebannya, di Europoort.

Tonase bobot mati Pierre Guillaumat mencapai hampir 555 ribu ton, dengan kecepatan hampir 16 knot. Panjang kapal Super Tanker Pierre Guillaumat mencapai 414,22 meter.

4. Seawise Giant

Mont, sebelumnya dikenal dengan nama Oppama, Knock Nevis, Jahre Viking, Happy Giant, dan terakhir dinamai Seawise Giant, adalah Super Tanker ULCC.

Mont menjadi kapal terpanjang dan terbesar berdasarkan tonase bobot matinya setelah pemanjangan. Seawise Giant juga disebut Queen of Oceans and Rivers.

Kapal ini dibuat pada 1979 oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd di galangan kapal mereka di Jepang. Namun, selama Perang Iran-Irak, kapal ini dirusak oleh serangan angkatan udara hingga tenggelam dan dianggap benar-benar hilang.

Namun puing-puing Seawise Giant berhasil diselamatkan dan diperbaiki. Setelah perbaikan, dia kembali bekerja dengan nama Happy Giant. Lalu ia dijual ke pemecah kapal India, dan berganti nama menjadi Mont untuk perjalanan terakhir Desember 2009.

Setelah itu, Seawise Giant dengan sengaja didamparkan di India untuk pembongkaran. Seiring predikat sebagai kapal terbesar dunia pada saat itu, Seawise Giant juga memegang gelar sebagai kapal Tanker minyak terbesar yang pernah dibuat.

5. Prelude FLNG

Prelude adalah kapal terbesar di dunia yang pernah dibangun hingga saat ini. Lambung kapalnya lebih panjang dari ukuran tinggi Empire State Building dan diluncurkan di Korea Selatan pada Desember 2013.

Dengan panjang 488 meter dan lebar 74 meter, kapal ini merupakan tambang gas alam cair apung (FLNG) Prelude milik Shell. Kapal FLNG Prelude ini juga merupakan fasilitas terapung terbesar yang pernah dibangun.

Lebih dari 260 ribu ton baja digunakan dalam konstruksinya. Saat beroperasi, beratnya mencapai lebih dari 600.000 ton, yakni lebih dari lima kali berat kapal induk terbesar yang pernah ada.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close