berita terkiniUlasan

‘Bahtera Perdamaian’ Disambut Tarian Suka Cita Warga Venezuela

Motionupdate.com, VENEZUELA – Di tengah krisis ekonomi yang semakin parah melanda Venezuela, sebuah kapal Rumah Sakit milik Angkatan Laut China berlabuh di La Guaira, dekat Ibu Kota salah satu negara anggota OPEC itu, Sabtu (22/9).

Seperti dilaporkan Kantor Berita Associated Press (AP), kehadiran kapal tersebut tentunya menarik perhatian Amerika Serikat (AS) dan kekuatan dunia lainnya. Mengingat kondisi hubungan antara China dan AS sekarang ini.

Vladimir Padrino Lopez, Menteri Pertahanan Venezuela menyambut kedatangan kapal AL Tentara Pembebasan Rakyat itu, yang diberi nama ‘Bahtera Perdamaian’.

“Beginilah kalau mau melakukan diplomasi di dunia,” kata Padrino tegas. Menurutnya dengan langkah-langkah konkret kerjasama dan tidak menghasut mereka yang menginginkan perang.

Sebenarnya Bahtera Perdamaian bukan tanpa alasan mengunjungi Venezuela. Karena memang kapal tersebut sedang melakukan lawatan ke-11 negara, yang mereka sebut dengan tour ‘Mission Harmony’.

Perhatian pada lawatan itikad baik ini semakin besar, sejak Pentagon mengumumkan pihaknya mengirim kapal Rumah Sakit USNS Comfort ke Kolombia yang bertetangga dengan Venezuela, Agustus silam.

Kapal USNS Comfort hadir untuk memberi pengobatan medis gratis, bagi ribuan pengungsi Venezuela. Para pengungsi meninggalkan Tanah Air mereka akibat kekurangan pangan dan obat-obatan.

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dalam kunjungan ke Kolombia beberapa waktu lalu menyebut pengerahkan kapal itu sebagai sebuah misi kemanusiaan. Untuk menanggapi akibat salah urus ekonomi Venezuela oleh Presiden Nicolas Maduro.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan sekitar 2,3 juta warga Venezuela telah melarikan diri dari negara yang dilanda krisis dalam beberapa tahun terakhir. Negara tujuan mereka terutama ke Kolombia, Ekuador, Peru dan Brasil.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close