berita terkiniKeretaModa

Servo Railway Bangun Jalur Kereta Api Khusus Angkutan Batu Bara di Sumsel

Motionupdate.com, PALEMBANG – PT Servo Marga Sejahtera melalui Servo Railway berinvestasi untuk membuat jalur Kereta Api Khusus Angkutan Batu Bara sepanjang 150km dengan rute Tanjung Enim Baru sampai ke Tarahan. Servo Railway berinvestasi untuk membangun jalur dwiganda yang melalui tiga kabupaten di Sumatera Selatan, yakni Lahat, Muara Enim, dan Ogan Ilir.

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menginginkan pembangunan jalur KA khusus batu bara Servo Railway dipercepat. Hal itu diungkapkan saat menghadiri Ground Breaking Ceremony Servo Railway di Jalan Prabumulih- Baturaja, Rabu (19/9).

“Provinsi Sumsel sangat luar biasa selain memiliki kekayaan Batubara sebesar 45,20 % cadangan Batubara Indonesia, Sumsel juga memiliki berbagai kekayaan energi lainnya, seperti listrik yang surplus” ungkap Alex.

Servo Railway menggandeng PT Bukit Asam (Persero) Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai mitra strategis dalam proyek angkutan batu bara ini. Jalur tersebut akan dibangun dengan Rel Tipe UIC R60 dan R54 serta memiliki 2 tipe jalur yaitu Standard Gauge 1435mm dan Narrow Gauge 1067mm dengan Axle Load 18-25 ton.  Untuk pengoperasian KA Batu Bara dengan jalur yang memiliki Narrow Gauge rencananya akan dioperasikan oleh KAI sedangkan yang memiliki Standard Gauge akan dioperasikan oleh Servo Railway.

EVP Divre 3 Palembang Hendy Helmy yang hadir pada Groundbreaking Servo Railway mengucapkan selamat atas dimulainya pembangunan jalur KA dari Tanjung Enim Baru sampai dengan TarahanIa meyakini pembangunan Servo Railway ini akan memangkas waktu tempuh dari Tanjung Enim Baru-Tarahan dalam pengangkutan batu bara.

“Sinergi positif KAI bersama Servo Railway akan memberikan dampak positif kepada daerah maupun Indonesia secara keseluruhan” ujarnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close