berita terkiniModaSepeda

Perlu Ditiru, Pemerintah Kota Guangzhou Larang Warganya Naik Motor

Motionupdate.com, GUANGZHOU – Salah satu kota besar di China, Guangzhou menyajikan pemandangan berbeda dibandingkan dengan Jakarta. Dimana di Kota perdagangan ini, populasi sepeda motor sangat sekali. Di pusat kotanya saja, hanya Polisi saja yang diperbolehkan menggunakan sepeda motor.

Pemerintah kota China sendiri sudah menetapkan kebijakan sola kendaraan sepeda motor sejak lama dan Guangzhou sendiri sudah mengeluarkan aturan penertiban izin sepeda motor baru di tahun 2004. Dan dilanjutkan pelarangan penuh sosl kendaraan sepeda motor dikeluarkan oleh pemerintah pada tahun 2007.

Upaya ini dinilai sangat ampuh untuk menata kota agar terbebas dari kemacetan dan polusi, akibat dari terlalu banyaknya populasi kendaraan bermotor. Maka dari itu, pemerintahan China dan termasuk kota Guangzhou secara tegas melarang penggunaan kendaraan sepada motor di pusat kota.

Untuk sarana transportasi, masyarakat Kota Guangzhou lebih banyak menggunakan kendaraan umum, sepeda konvensional hingga sepeda listrik untuk berpergian.

Hal ini diperkuat dengan banyaknya tempat penyewaan sepeda di sudut-sudut Kota Guangzhou. Untuk masyarakat yang ingin menyewa sepeda bisa melakukannya dengan cara cashless atau menggunakan pembayaran digital.

Soal tarif penyewaan sepeda, masyarakat perlu mengeluarkan biaya sebesar 1 Yuan atau sekitar Rp 20.000 untuk per satu jam penyewaan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close