berita terkiniUlasan

Begini Lho Proses Berlakunya Tilang Elektronik!

Motionupdate.com, JAKARTA – Sobat motion, pada 1 Oktober mendatang Polda Metro Jaya sedianya akan mulai menerapkan Tilang Elektronik. Masyarakat pun kemudian diminta menyerahkan nomor ponsel dan email, demi mempermudah penerapannya.

Apa sebenarnya tilang elektronik itu? Yaitu tilang yang untuk proses penilangan, pelanggar tidak akan diberi surat tilang seperti pada umumnya sekarang ini.

Pihak Kepolisian nantinya akan mengirim surat tilang ke rumah si pelanggar, berdasarkan bukti rekaman Closed Circuit Television (CCTV) yang sudah dipasangi petugas, di beberapa ruas jalan.

Untuk alamat pengguna kendaraan, disesuaikan dengan data di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), atau melalui surat elektronik alias email.

“Prosesnya melalui Kantor Pos. Kalau kepemilikan sudah jelas, langsung dikirim tilang ke rumah, hari itu juga sudah sampai. Kalau sudah ada email, ya melalui email,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf seperti dirilis Vivanews.com, Rabu (19/9).

Namun apabila alamat rumah tak sesuai STNK, karena kepemilikan kendaraan tangan kedua contohnya, maka orang tersebut harus melakukan klarifikasi.

“Memang lebih baik segera melakukan balik nama. Sebab surat tilang akan tetap dikirim sesuai alamat yang tercantum pada STNK,” tandasnya.

Yusuf menambahkan, orangnya harus klarifikasi ulang, kalau alamat di STNK tidak sesuai. “Lho pak motor saya sudah dijual kenapa surat tilangnya sampai ke saya. Makanya fungsi email dan nomor telepon agar konfirmasinya bisa dipercepat,” tuturnya.

Ketika surat tilang sudah sampai ke rumah atau email, pelanggar lalu lintas tersebut hanya perlu membayarkan denda sesuai kesalahan. “Setelah bayar lapor ke kami, jadi terserah mau lewat ATM atau bayar langsung,” kata Yusuf.

Saat ini pihak Kepolisian sedang berkoordinasi dengan pengadilan. Jadi bagi mereka yang sudah membayar tilang seharusnya tak perlu sidang.

“Kalau bisa enggak usah, karena sudah bayar. Secepatnya proses ini akan segera rampung (tidak ada sidang) karena Oktober sudah mulai,” sambung Yusuf.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close