berita terkiniUlasan

Pulau Terdepan Indonesia Rayakan Tahun Baru Muharram Dengan Kenduri Laut

Motionupdate.com, KEPRI – Banyak cara dilakukan masyarakat dalam memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram 1440 H. Seperti yang dilakukan masyarakat nelayan pesisir di pulau terdepan Indonesia. Mereka menggelar beragam kegiatan kebudayaan yang hampir terlupakan.

Ada sebuah kegiatan menarik yang dilakukan, yakni kegiatan yang dikemas dalam bentuk Kenduri Laut, doa bersama masyarakat pesisir. Salah satunya yang dilakukan di Pulau Mongkol, Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (9/9/2018).

Untuk penyelenggaraan Kenduri Laut dan doa bersama masyarakat pesisir ini dilakukan oleh Komunitas Melayu Raya. Komunitas ini berharap, melalui kegiatan tersebut mampu membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat pesisir yang berada di pulau terdepan.

“Ini merupakan kegiatan pertama. Mudah-mudahan menjadi kegiatan tahunan. Selain upaya memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam, kegiatan ini juga bertujuan membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat pesisir di wilayah Batam. Jangan sampai merasa asing dan dikucilkan dari NKRI,” kata Hazarin Firda, Ketua Melayu Raya.

Berbagai perlombaan dilakukan, yang semuanya merupakan aktivitas sehari-hari masyarakat pesisir. Mulai dari lomba Perahu Ketinting, Sampan Layar, Perahu Jong, hingga Sampan Kolek. Selain itu, warga juga mendapat pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dari Polresta Barelang, terkait pula Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-66.

“Rute perlombaannya sengaja kami ambil jalur hingga ke perairan perbatasan Batam-Singapura. Agar masyarakat pesisir paham, Batam merupakan pulau terdepan yang berhadapan langsung dengan negara lain, namun tetap satu kesatuan NKRI,” kata Hazarin.

“Ini kegiatan masyarakat yang harus dipertahankan dan harus diapresiasi oleh semua pihak, serta dilestarikan. Saya sangat apresiasi sekali dengan kegiatan yang digelar ini,” kata Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Kapolda Kepri yang mengaku sangat bangga dengan adanya kegiatan Kenduri Laut untuk pertama kalinya ini.

Andap mengatakan kegiatan ini dapat menjadi obyek wisata, dengan agenda yang harus dibuat lebih besar lagi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. “Saya rasa ini punya daya tarik para wisman. Apalagi Batam sangat dekat dengan Singapura, tentu akan memberi dampak positif dalam menarik wisman,” ujarnya.

Nurdin Basirun, Gubernur Kepri menegaskan, akan menjadikan Kenduri Laut sebagai agenda tahunan dan masuk ke dalam Kalender Pariwisata Kepri. “Ini kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Saya tegaskan ini menjadi kegiatan tahunan yang nantinya akan diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri,” tukasnya.

Dalam upaya menjaga kebudayaan masyarakat Melayu, terutama masyarakat Melayu pesisir yang ada di pulau terdepan,” kata Nurdin. Bukan hanya Kapolda dan Gubernur Kepri, Kenduri Laut juga dihadiri Amsakar Achmad, Wakil Wali Kota Batam, Kapolresta Barelang serta anggota DPR RI Dwi Ria Latifa.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close