berita terkiniUlasan

Rusia Kirim 10 Kapal Perang Terbesar di Dunia ke Suriah

Motionupdate.com, JAKARTA – Surat kabar Izvestiya melaporkan, Rusia telah mengirim 10 kapal perang terbesar ke Suriah. Sebagian besar kapal perang tersebut sudah dilengkapi dengan rudal jelajah Kalibr dan dua kapal selam ke wilayah timur Laut Mediterania.

Menurut lansiran Newsweek, Kommersant melaporkan bahwa Moskow telah memobilisasi dua sistem pertahanan rudal Tor-M2 di Suriah.

Dikirimnya kekuatan Rusia ke Suriah karena adanya kabar bahwa Amerika Serikat akan menyerang negeri pimpinan Presiden Bashar Al Assad tersebut.

Sementara itu, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, John Bolton mengklaim bahwa militer AS mendapat indikasi bahwa Assad, sekutu Rusia dan Iran berencana menggunakan senjata kimia dalam rangka mengambil alih provinsi Idlib yang dikuasai oleh ekstremis Islam. Jika kabar itu benar, Bolton menegaskan AS akan meberikan  respons yang keras.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Amerika Serikat telah membangun kekuatan angkatan laut di Mediterania.

“Sekali lagi AS telah mempersiapkan bahwa provokasi di Suriah menggunakan substansi beracun untuk mendestabilisasi situasi dan mengganggu proses perdamaian yang berlangsung,” terang Konashenkov seperti yang dilansir Business Insider (28/8).

Pihak Pentagon membantah akan kabar tersebut, dan menyebut Rusia sebagai Propaganda. Pentagon menambahkan  bahwa militer AS bukannya “tidak siap merespons aksi itu.” Dan berdasarkan pantauan Business Insider di lalu lintas maritime Mediterania, hanya ada satu kapal perang Angkatan Laut AS di wilayah tersebut.

Dari pemantauan yang sama, Rusia sudah mengirimkan lebih dari 13 kapal perang di Kawasan yang sama dan kapal-kapal selam yang tengah dalam perjalanan menuju Laut Mediterania.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close